Tuesday, 20 Rabiul Awwal 1443 / 26 October 2021

Tuesday, 20 Rabiul Awwal 1443 / 26 October 2021

Nigeria Selamatkan 187 Sandera dari Penculik

Jumat 08 Oct 2021 10:05 WIB

Red: Ani Nursalikah

Nigeria Selamatkan 187 Sandera dari Penculik. Siswa Nigeria korban penculikan.

Nigeria Selamatkan 187 Sandera dari Penculik. Siswa Nigeria korban penculikan.

Foto: EPA-EFE/STRINGER
Geng bersenjata semakin beringas seiring berjalannya waktu.

REPUBLIKA.CO.ID, MAIDUGURI -- Lembaga keamanan Nigeria pada Kamis (7/10) berhasil menyelamatkan 187 orang yang diculik geng bersenjata di Negara Bagian Zamfara setelah otoritas meluncurkan operasi penyisiran terhadap para penculik.

Sejak Desember 2020, Zamfara kerap menjadi pusat penculikan oleh bandit bersenjata yang terkadang menggunakan kekerasan. Mereka mengincar sekolah-sekolah, desa, dan orang-orang yang melintas di jalan raya demi uang tebusan.

Baca Juga

Pemerintah pada September menutup layanan telekomunikasi di Zamfara dan di negara-negara bagian lainnya untuk mengacaukan koordinasi di antara kelompok penjahat. Juru bicara Kepolisian Zamfara Mohammed Shehu melalui pernyataan menyebutkan 187 orang, termasuk perempuan dan anak-anak ditangkap penculik dari empat wilayah administratif di negara bagian tersebut beberapa pekan lalu.

"Lembaga kepolisian dan keamanan lainnya menggerebek lokasi bandit yang teridentifikasi di berbagai wilayah di negara bagian tersebut dengan maksud untuk membersihkan negara dari segala kegiatan bandit perusuh dan elemen kriminal lainnya." kata Shehu.

Sejumlah foto dan video yang disebarkan kepolisian ke media memperlihatkan sejumlah orang yang diselamatkan itu dalam keadaan berpakaian robek dan berusaha duduk selagi menunggu untuk diantar pulang. Geng bersenjata semakin beringas seiring berjalannya waktu.

Mereka menyerang pos-pos militer, membawa kabur tahanan dari penjara, dan menembak jatuh sebuah jet milik angkatan udara pada Juli. Otoritas di negara-negara bagian tetangga mengeluhkan bandit-bandit yang diusir dari Zamfara masuk ke wilayah mereka dan menimbulkan kekacauan.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA