Hadir di PON Papua, Begitu Totalitas Dukungan Bonek

Rep: Fitriyanto/ Red: Muhammad Akbar

bonek di pon papua
bonek di pon papua
Foto: fitriyanto/republika
ada sekitar 300 Bonek yang berkomitmen mendukung kontingen Jawa Timur.

REPUBLIKA.CO.ID, JAYAPURA — Setiap kali atlet dari Jawa Timur bertanding di PON XX Papua 2021 selalu ada suporter yang memberikan dukungan langsung di lapangan.

Apalagi jika pertandingan tersebut merupakan laga final yang memperebutkan medali emas. Suporter dengan seragam kaos hijau warna khas kontingen Jawa Timur jumlahnya bisa lebih banyak.

Jika kontingen lain suporter yang mendukung kebanyakan hanya ofisial dan sesama rekan atlet saja. Tidak dengan Jawa Timur, mereka yang selalu membawa alat musik drum adalah suporter sungguhan dalam hal ini Bondo Nekat atau dikenal dengan nama Bonek.

Saat Republika.co.id meliput bulu tangkis di GOR Waringin Jayapura. Bonek dengan jumlah 20 an orang ini dengan semangat mendukung pebulu tangkis Jatim yang sedang berjuang lolos ke semifinal beregu putra.

Informasi yang dihimpun Republika.co.id, Bonek yang mendukung Jawa Timur di PON XX Papua 2021 ini ada yang didatangkan langsung dari Jawa Timur ada yang Bonek Lokal.

Koordinator Bonek Lokal, Slamet mengatakan di kota Jayapura ada sekitar 300 Bonek yang berkomitmen mendukung kontingen Jawa Timur.

"Ini teman-teman Bonek yang sudah lama tinggal di Jayapura. Saya sudah empat tahun tinggal disini. Kita biasanya mendukung Persebaya jika mereka beemain di Jayapura,” ujarnya menjelaskan.

Baca juga : Sandiaga Uno: Papeda Jadi Hits Selama PON XX

Untuk jumlahnya kita sesuaikan dengan kapasitas venue, lanjut Slamet. "Kalau kapasitas banyak bisa sampai 50, apalagi kalau final. Ini kan masa Pandemi jadi kita tidak memaksakan terlalu banyak."

Menurut Slamet Bonek Lokal yang mau bergabung untuk memberi dukungan langsung di venue diwajibkan menerapkan protokol Kesehatan.

"Kita wajibkan mereka sudah divaksin. Mereka juga wajib pakai masker. Sebelum berangkat di posko kita ada pengecekan suhu badan. Walau Bonek kita tetap berusaha taat Prokes,” katanya.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku republika ...

Komentar

Terkait


Pengunjung mengantre untuk melakukan tes usap antigen sebelum memasuki arena cabang olahraga dayung di Teluk Youtefa, Kota Jayapura, Papua, Jumat (8/10). Dalam gelaran PON XX Papua, Cabor Dayung Rowing menerapkan protokol kesehatan yang ketat bagi pengunjung yang menyaksikan pertandingan dengan mewajibkan menunjukan surat vaksin atau menjalani tes usap antigen sebelum memasuki arena pertandingan sebagai antisipasi penyebaran covid-19 saat gelaran PON XX Papua.

Swab Antigen Penonton Dayung PON XX Papua

Logo PON XX Papua

Ekshibisi Pentathlon Digelar di PON Papua

Lifter putri Jawa Tengah, Diah Ayu P (kanan) pemenang medali emas kelas 76 kg total angkatan 215 kg dan Lampung, Fena Yulian (kiri) medali perak total angkatan 197 kg cabor angkat besi putri PON XX Papua di Auditorium Universitas Cendrawasih Jayapura, Jumat (8/10/2021).

Jateng Tambah Emas PON Papua dari Angkat Besi 73 Kg Putri

Pesenam DKI Jakarta Nabila Evandestiera beraksi dalam nomor simpai senam ritmik final perorangan serba bisa PON Papua di Istora Papua Bangkit, Kampung Harapan, Kabupaten Jayapura, Papua, Kamis (7/10/2021).

Nabila Sabet Emas untuk DKI dari Nomor Simpai

Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali menyampaikan penjelasan pemerintah dalam rapat kerja dengan Komisi X DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (13/9/2021). Raker itu membahas Rancangan Undang-Undang Sistem Keolahragaan Nasional (RUU SKN).

Menpora: Jangan Lepas Masker!

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@rol.republika.co.id (Marketing)

Ikuti

× Image