Sandiaga Uno: Papeda Jadi Hits Selama PON XX

Rep: Rizkyan Adiyudha/ Red: Bayu Hermawan

Sandiaga Salahuddin Uno
Sandiaga Salahuddin Uno
Foto: Istimewa
Menparekraf mengatakan Papea menjadi kuliner yang hits selama gelaran PON XX.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakan, gelaran PON XX di Papua rupanya menjadikan beberapa produk suvenir hingga produk kuliner khas Papua seperti ulat sagu menjadi hits. Menurutnya, tidak sedikit orang yang penasaran dan ingin mencoba.

"PON ini bukan hanya ajang kompetisi olahraga namun momentum kebangkitan ekonomi, meningkatkan secara masif penjualan produk-produk ekonomi kreatif dari Papua serta banyak menciptakan lapangan kerja," kata Sandiaga dalam keterangan, Rabu (6/10).

Baca Juga

Dia pun lantas memamerkan kenikmatan mengonsumsi Papeda di Papua. Mantan wakil gubernur DKI Jakarta itu kemudian mengunggah kenikmatan makan-makanan khas tanah Papua itu ke akun Instagram pribadi miliknya.

Dalam unggahannya itu, Sandiaga sekaligus berbagi tips cara menikmati makanan yang berbahan dasar sagu tersebut. "Ini namanya Papeda guys, dari sagu yang tadi kita olah. Paling enak pakai kuah," kata Sandiaga.

Dalam video itu, Sandiaga tampak terampil menggulung Papeda dengan sumpit kayu, lalu memindahkannya ke piring. Politisi Gerindra itu juga mencampur kuah pada Papeda, lalu memasukkan ikan mujair goreng di piringnya.

Dalam unggahan itu Sandiaga menyebutkan bahwa Papeda adalah salah satu sajian khas yang paling diburu penonton pada perhelatan PON XX di Papua. Dia mengungkapkan, khasanah kuliner ini berhasil ciptakan lapangan kerja untuk masyarakat setempat.

"Namanya Papeda nih guys, pengganti nasi karena mengandung karbohidrat yang cukup tinggi. Ada yang penasaran ingin mencoba?" tulis Sandiaga.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini

Komentar

Terkait


Pengunjung mengantre untuk melakukan tes usap antigen sebelum memasuki arena cabang olahraga dayung di Teluk Youtefa, Kota Jayapura, Papua, Jumat (8/10). Dalam gelaran PON XX Papua, Cabor Dayung Rowing menerapkan protokol kesehatan yang ketat bagi pengunjung yang menyaksikan pertandingan dengan mewajibkan menunjukan surat vaksin atau menjalani tes usap antigen sebelum memasuki arena pertandingan sebagai antisipasi penyebaran covid-19 saat gelaran PON XX Papua.

Swab Antigen Penonton Dayung PON XX Papua

Logo PON XX Papua

Ekshibisi Pentathlon Digelar di PON Papua

Lifter putri Jawa Tengah, Diah Ayu P (kanan) pemenang medali emas kelas 76 kg total angkatan 215 kg dan Lampung, Fena Yulian (kiri) medali perak total angkatan 197 kg cabor angkat besi putri PON XX Papua di Auditorium Universitas Cendrawasih Jayapura, Jumat (8/10/2021).

Jateng Tambah Emas PON Papua dari Angkat Besi 73 Kg Putri

Pesenam DKI Jakarta Nabila Evandestiera beraksi dalam nomor simpai senam ritmik final perorangan serba bisa PON Papua di Istora Papua Bangkit, Kampung Harapan, Kabupaten Jayapura, Papua, Kamis (7/10/2021).

Nabila Sabet Emas untuk DKI dari Nomor Simpai

bonek di pon papua

Hadir di PON Papua, Begitu Totalitas Dukungan Bonek

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@rol.republika.co.id (Marketing)

Ikuti

× Image