Friday, 15 Jumadil Awwal 1444 / 09 December 2022

Pengembangan Objek Wisata Dieng Jadi Prioritas

Kamis 07 Oct 2021 22:52 WIB

Rep: Antara/ Red: Qommarria Rostanti

Kawasan Wisata Dataran Tinggi Dieng (ilustrasi).

Kawasan Wisata Dataran Tinggi Dieng (ilustrasi).

Foto: ANTARA/Anis Efizudin
Menparekraf berpesan agar objek wisata Dieng terus ditingkatkan dan dipercantik.

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banjarnegara, Jawa Tengah, memastikan pengembangan Kawasan Wisata Dataran Tinggi (KWDT) Dieng menjadi salah satu prioritas untuk meningkatkan sektor pariwisata di wilayah setempat. Hal itu dinilai sesuai dengan pesan dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno.

"Menparekraf berpesan agar objek wisata Dieng terus ditingkatkan dan dipercantik supaya dapat mendunia," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Banjarnegara, Agung Yusianto, ketika dihubungi dari Purwokerto, Banyumas, Jawa Tengah, Kamis (7/10).

Dalam kunjungan kerja ke sejumlah wilayah di Jawa Tengah, Sandiaga juga mengunjungi Dieng. "Beliau mengatakan bahwa Dieng sangat indah, perlu terus memoles penampilan Dieng supaya makin mendunia. Beliau juga berharap destinasi ini akan dapat menggeliatkan perekonomian masyarakat," kata Agung.

Menparekraf, kata dia, juga mengingatkan agar pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif, khususnya Kelompok Sadar Wisata Dieng Kulon, dan masyarakat di sekitar objek wisata untuk dapat menerapkan protokol kesehatan (prokes) secara ketat dan disiplin.Terkait pengembangan Dieng, pihaknya terus memperkuat strategi pengembangan KWDT Dieng sebagai salah satu destinasi unggulan di wilayah setempat.

Dia menjelaskan, strategi tersebut meliputi pembuatan peta jalan, penyusunan program inovasi dan berkreasi, serta menggencarkan kolaborasi dengan berbagai pihak terkait. "Misalkan saja kami menggunakan model Pentahelix yakni berkolaborasi dengan akademisi, media, pebisnis hingga komunitas," ujar Agung.

Selain itu, pihaknya juga terus menggencarkan promosi wisata baik secara konvensional maupun digital. Dia juga mengatakan Dieng merupakan salah satu destinasi wisata yang banyak diminati wisatawan, baik Nusantara maupun mancanegara. 

Dieng memiliki udara dingin dengan pemandangan alamyang indah. Daya tarik wisata di wilayah ini antara lain Bukit Sikunir, Kawah Sikidang, Candi Arjuna, serta Museum Kailasa, di mana wisatawan dapat mengetahui sejarah terbentuknya Dieng.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA