Kamis 07 Oct 2021 21:17 WIB

PM Kanada Wajibkan Vaksinasi Covid-19 ke Pegawai Negeri

Pegawai negeri Kanada yang tak divaksin akan diminta mengambil cuti tanpa dibayar

Rep: Puti Almas/ Red: Christiyaningsih
Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau. Pegawai negeri Kanada yang tak divaksin akan diminta mengambil cuti tanpa dibayar.
Foto: Justin Tang / The Canadian Press via AP
Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau. Pegawai negeri Kanada yang tak divaksin akan diminta mengambil cuti tanpa dibayar.

REPUBLIKA.CO.ID,OTTAWA — Perdana Menteri (PM) Kanada Justin Trudeau mewajibkan seluruh pegawai negeri atau federal di negara itu mendapatkan vaksin Covid-19. Jika tidak dilakukan hingga akhir bulan ini, maka mereka akan diminta untuk melakukan cuti tidak dibayar (unpaid leave).

Secara keseluruhan, dilaporkan ada sekitar 300 ribu pegawai negeri di Kanada. Vaksinasi di negara itu telah diwajibkan bagi semua orang berusia di atas 12 tahun yang bepergian di dalam negara itu dengan menggunakan kereta api maupun pesawat terbang.

Baca Juga

“Vaksin adalah alat paling efektif melawan COovid-19 dan banyak orang di Kanada, termasuk pegawai negeri telah melakukannya,” ujar Trudeau dilansir Sputnik, Kamis (7/10).

Dalam kampanye pemilihannya kembali pada September, Trudeau berjanji menjadikan kebijakan vaksinasi diterapkan sepenuhnya di Kanada. Karena itu, berbagai langkah untuk mendorong pelaksanaannya dilakukan.

Hingga saat ini, lebih dari 80 persen populasi berusia 12 tahun ke atas di Kanada telah divaksinasi Covid-19. Tercatat lebih dari 1,65 juta kasus Covid-19 di Kanada selama pandemi dan lebih dari 28 ribu orang telah meninggal.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement