Kamis 07 Oct 2021 21:00 WIB

Gejala Kolesterol Tinggi Bisa Dirasakan di Kaki

Lemak jenuh ditemukan dalam banyak makanan, baik manis maupun gurih.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Qommarria Rostanti
Tanda-tanda kolesterol tinggi bisa dirasakan di kaki (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com.
Tanda-tanda kolesterol tinggi bisa dirasakan di kaki (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kolesterol adalah zat lemak yang diproduksi oleh hati yang membawa banyak manfaat kesehatan penting, seperti membuat hormon dan membangun membran sel. Kolesterol tinggi berarti Anda memiliki terlalu banyak kolesterol jahat (LDL). 

Kolesterol jahat menempel di bagian dalam arteri sehingga meningkatkan risiko penyumbatan yang dapat menyebabkan serangan jantung. Ketika penyumbatan ini terjadi di arteri di luar jantung, itu disebut penyakit arteri perifer (PAD).

Menurut Cardiovascular Institute of the South (CIS), ini paling sering terjadi di kaki. "Meskipun mungkin tidak ada tanda-tanda fisik sama sekali, ada beberapa gejala yang dicatat terjadi pada PAD," jelas CIS seperti dilansir di laman Express, Kamis (6/10).

Sementara pasien dengan kolesterol tinggi harus waspada dalam perawatan arteri mereka setiap saat, tanda-tanda khusus harus ditangani sedini mungkin. Tanda-tanda yang dimaksud termasuk kram yang menyakitkan di kaki, mati rasa atau kelemahan pada kaki, pertumbuhan rambut lambat di kaki, rasa dingin di kaki bagian bawah atau kaki di satu sisi, dan denyut nadi lemah di kaki.

Penting untuk dicatat bahwa kebanyakan orang tidak akan mengalami gejala kolesterol tinggi, terutama di awal. Anda hanya dapat mengetahui apakah Anda memilikinya dari tes darah.

"Dokter Anda mungkin menyarankan untuk melakukan tes jika menurut mereka kadar kolesterol Anda tinggi," jelas NHS.

Menurut kesehatan tubuh, ini mungkin karena usia Anda, berat badan, atau kondisi lain yang Anda miliki (seperti tekanan darah tinggi atau diabetes). Ada dua cara untuk melakukan tes kolesterol yaitu mengambil darah dari lengan dan tes tusuk jari.

"Jika Anda memiliki kolesterol tinggi, dokter atau perawat akan berbicara tentang bagaimana Anda dapat menurunkannya," jelas NHS.

Ini mungkin termasuk hal-hal seperti mengubah diet atau meningkatkan jumlah olahraga yang Anda lakukan. Ada beberapa makanan yang tidak hanya merupakan bagian dari diet sehat, tetapi juga dapat membantu menurunkan kolesterol Anda secara aktif.

Pendekatan optimal adalah mengurangi lemak jenuh dan menggantinya dengan lemak tak jenuh, menurut badan amal kolesterol Heart UK. Lemak jenuh ditemukan dalam banyak makanan, baik yang manis maupun yang gurih. Kebanyakan dari mereka berasal dari sumber hewani, termasuk daging dan produk susu, serta beberapa makanan nabati.

Sebaliknya, pilih lemak tak jenuh seperti minyak nabati seperti minyak zaitun, bunga matahari, jagung, lobak, kacang-kacangan dan biji-bijian. Pilih juga lpukat, kacang-kacangan dan biji-bijian. Pilihan lainnya selai lemak yang terbuat dari minyak nabati, seperti bunga matahari dan minyak zaitun juga ikan yang berminyak. "Ikan berminyak adalah sumber lemak tak jenuh yang sehat, khususnya jenis yang disebut lemak omega-3," catat Heart UK.

Anda harus mengonsumsi dua porsi ikan per pekan, setidaknya salah satunya harus berminyak. "Porsinya 140 gram, tapi Anda bisa makan dua atau tiga porsi lebih kecil sepanjang pekan," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement