Kamis 07 Oct 2021 20:50 WIB

Bangka Tengah Dorong Kerajinan Tenun Cual

Menjadi perajin tenun cual disebut bisa menjadi nilai tambah bagi warga.

 Perajin kain tenun cual. Pemprov Bangka Belitung mendorong warga mengembangkan produk kain tenun cual.
Foto: Antara/Teresia May
Perajin kain tenun cual. Pemprov Bangka Belitung mendorong warga mengembangkan produk kain tenun cual.

REPUBLIKA.CO.ID, KOBA -- Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) mendorong warga mengembangkan produk kain tenun cual.

"Cual ini merupakan produk kain tenun khas daerah. Kita dorong warga mampu menjadi perajin tenun cual," kata Ketua Dekranasda Bangka Tengah, Eva Algafry di Koba, Kamis (7/10).

Baca Juga

Eva mengatakan, kehadiran rumah produksi di Kelurahan Kampung Dul, Kecamatan Pangkalanbaru, diharapkan bisa menjadi tempat pelatihan bagi warga yang memiliki kemauan untuk perajin cual. "Menjadi perajin tenun cual tentu bisa menjadi nilai tambah bagi warga, terutama untuk menjalankan roda perekonomian keluarga," ujarnya.

Ia mengatakan, Dekranasda terus mendorong para perajin kreatif terutama dalam memberikan pelatihan agar produk yang dihasilkan lebih bermutu. "Kita juga mendorong pemerintah daerah untuk memberikan bantuan permodalan bagi perajin produk kreatif," ujar Eva.

Dekranasda juga membantu membuka pangsa pasar untuk produk kreatif yang dihasilkan para perajin di daerah itu. "Selain produk harus berkualitas, pasarnya juga harus diperhatikan," ujarnya.

 

 

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement