Saturday, 3 Zulhijjah 1443 / 02 July 2022

Delapan Keutamaan Surat Yasin

Kamis 07 Oct 2021 19:56 WIB

Rep: Muhyiddin/ Red: Ani Nursalikah

Delapan Keutamaan Surat Yasin

Delapan Keutamaan Surat Yasin

Foto: republika
Surat Yasin bisa sebagai cara untuk memohon sesuatu.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Umat Islam disunnahkan membaca surat Yasin pada malam Jumat. Surat Yasin adalah surat yang menempati urutan ke-36 dalam Alquran.

Surat ini terdiri atas 83 ayat serta termasuk golongan surat-surat Makkiyah. Keutamaan membaca surat Yasin pada malam Jumat telah banyak disampaikan oleh para ulama berdasarkan hadits nabi.

Baca Juga

Namun, banyak juga keutamaan surat Yasin meskipun tidak dibaca pada malam Jumat. Setidaknya ada delapan keutamaan yang dapat disampaikan.

1. Dapat mencegah kehausan di Hari Kiamat

Dalam bukunya yang berjudul Rahasia Keutamaan Surat Al-Qur’an terbitan Rene Islam, Muhammad Zaairul Haq menjelaskan salah satu keutamaan mengamalkan surat Yasin secara istiqamah setiap hari adalah mendapatkan karunia tidak akan kehausan kelak di Hari Kiamat.

2. Memohon sesuatu

Menurut Zaairul Haq, di dalam kitab Khazinatul Asrar disebutkan bahwa keutamaan surat Yasin adalah sebagai cara untuk memohon sesuatu. “(Dan demikian pula) surat Yasin dibaca sebanyak 41 kali untuk setiap waktu (maksudnya untuk memohon sesuatu),” tulisnya mengutip dari kitab tersebut.

3. Mendapat pahala sebanding dengan membaca Alquran 10 kali

Keutamaan surat Yasin yang ketiga adalah mendapatkan pahala besar dari Allah sebanding dengan pahala membaca Alquran sampai khatam sebanyak 10 kali. Hal ini berdasarkan riwayat berikut:

Dari Anad Ra. Rasulullah Saw bersabda, “Sesungguhnya setiap sesuatu itu ada hatinya (pusatnya), adapun hatinya Alquran adalah surat Yasin, dan barang siapa yang membaca surat Yasin maka Allah akan memberi pahala seperti pahala membaca Alquran 10 kali.” (HR Imam Tirmidzi dan ad-Darimi).

4. Mempercepat terkabulnya hajat (keinginan)

Keutamaan surat Yasin yang berikutnya adalah untuk memohon hajat kepada Allah Swt. Caranya dengan membaca surat Yasin sebelum berdoa memohon hajat kepada Allah. Dalam sebuah riwayat dijelaskan, Nabi Muhammad Saw bersabda, “Barang siapa yang membaca surat Yasin di permulaan siang dan mendahulukannya di depan hajatnya, maka hajat itu akan terpenuhi.” (HR Abasy Syaikhi dari Abu Hurairah).

 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA