Kamis 07 Oct 2021 15:42 WIB

Vaksinasi Door to Door Disiapkan di Kota Cirebon

Vaksinasi Covid-19 di Kota Cirebon saat ini sudah mencapai 76,77 persen. 

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Agus Yulianto
Wakil Wali Kota Cirebon Eti Herawati.
Foto: Dok Pemkot Cirebon
Wakil Wali Kota Cirebon Eti Herawati.

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON -- Pemkot Cirebon bersinergi dengan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Cirebon akan melakukan serbuan vaksinasi langsung ke rumah-rumah warga (door to door). Kerja sama dengan berbagai pihak turut membantu percepatan vaksinasi Covid-19 di Kota Cirebon.

Rencana vaksinasi door to door itu disampaikan Wakil Wali Kota Cirebon, Eti Herawati kepada Danlanal Cirebon, Letkol Laut (P) Afif Yuhardi Putera, usai meninjau vaksinasi yang diselenggarakan oleh Paguyuban Pasundan dan Lanal Cirebon, di Stikes Mahardika Cirebon, Kamis (7/10).

Eti meminta kepada Danlanal Cirebon untuk bisa melaksanakan vaksinasi dengan mendatangi rumah-rumah warga. Dia menilai, jemput bola dalam pemberian vaksinasi Covid-19 itu sangat dibutuhkan oleh  warga yang tidak bisa keluar rumah. "Khususnya orangtua," kata Eti.

Eti mengungkapkan, pola jemput bola itu bisa dilakukan di setiap RW di Kota Cirebon. Dia yakin, cara tersebut akan dapat mempercepat terbentuknya herd immunity di Kota Cirebon.

Mendengar permintaan wakil wali kota, Danlanal Cirebon, Letkol Laut (P) Afif Yuhardi Putera, menyatakan, mereka akan segera melakukan serbuan vaksinasi Covid-19 ke rumah-rumah warga. "Nanti ada tim yang melaksanakan vaksinasi secara door to door," tutur Afif.

Untuk stok vaksin Covid-19, Afif meminta, masyarakat tidak perlu khawatir. Saat ini, stok vaksin yang ada di Lanal Cirebon sebanyak 5 ribu. 

Dari jumlah itu, yang terpakai untuk kegiatan vaksinasi hari ini sebanyak seribu. Selain itu, dalam waktu dekat akan datang lagi 10 ribu. "Stok vaksin dari TNI AL cukup," ucap Afif.

Eti pun menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Danlanal Cirebon. Dia menyatakan, bantuan tersebut dpat mendorong percepatan vaksinasi Covid-19 di Kota Cirebon.

"Saya ucapkan terima kasih ke Danlanal yang sudah membantu percepatan vaksinasi Covid-19 di Kota Cirebon," kata Eti.

Eti menyebutkan, vaksinasi Covid-19 di Kota Cirebon saat ini sudah mencapai 76,77 persen. Penambahan juga terjadi setiap hari seiring dengan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 yang terus dilakukan di berbagai tempat di Kota Cirebon.

"Tapi, saya titip agar protokol kesehatan tetap dijalankan," tutur Eti. Yakni, memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas.

Sementara itu, Ketua Paguyuban Pasundan Kota Cirebon, Hediyana Yusuf, menjelaskan, vaksinasi Covid-19 yang digelar di Stikes Mahardika digelar dalam rangka memperingati hari ulang tahun Paguyuban Pasundan.

"Kami bekerja sama dengan Pemkot Cirebon dan Lanal Cirebon," tandas Hediyana. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement