Kamis 07 Oct 2021 15:40 WIB

Intip Kemeriahan Festival Film Internasional Busan

Penyelenggaraan BIFF dipandu oleh Bong Joon-ho, Song Joong-ki, dan Park So-dam.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Qommarria Rostanti
Pembukaan Festival Film Internasional Busan 2021 pada Rabu (6/10) waktu setempat.
Foto: EPA-EFE/YONHAP SOUTH KOREA OUT
Pembukaan Festival Film Internasional Busan 2021 pada Rabu (6/10) waktu setempat.

REPUBLIKA.CO.ID, BUSAN — Sejumlah bintang layar perak dan pembuat film dari dalam dan luar Korea hadir di karpet merah Festival Film Internasional Busan atau Busan International Film Festival (BIFF) pada Rabu (6/10) malam. Festival film terbesar di Asia edisi ke-26 ini dibuka selama 10 hari, dengan upacara yang dihadiri oleh 1.200 penonton di teater terbuka Busan Cinema Center di kota pelabuhan selatan Busan, Korea Selatan.

BIFF dipimpin oleh sutradara pemenang Oscar Bong Joon-ho dan dipandu aktor Song Joong-ki dan Park So-dam. Sutradara pemenang penghargaan Jepang, Ryusuke Hamaguchi, dan aktor Korea Yoo Ah-in, Doh Kyung-soo, dan Jeon Yeo-been termasuk di antara tamu yang hadir di kota yang terletak 450 kilometer tenggara Seoul itu.

"Tahun ini, BIFF akhirnya menjadi tuan rumah upacara pembukaan, puncak festival film, berkat upaya bersama kami untuk mematuhi pedoman virus. Saya berharap BIFF akan membantu kita selangkah lebih dekat ke kehidupan normal,” kata Wali Kota Busan, Park Heong-joon, dilansir di Yonhap News, Rabu (6/10).

Dengan pembukaan bertabur bintang, BIFF tampaknya hampir kembali ke normal, dengan acara upacara pembukaan di luar ruangan. Hanya film-film undangan yang ditayangkan sekali di layar terbatas, di tempat festival utama. 

Suasananya relatif tenang tanpa sorak-sorai keras atau teriakan yang akrab dari kerumunan untuk bintang film favorit mereka. Peserta hanya memberikan tepuk tangan meriah saat para bintang dan pembuat film tiba di karpet merah satu per satu. Semua pengunjung dan peserta wajib menunjukkan bukti vaksinasi, atau hasil tes negatif Covid-19 pada saat kedatangan.

Tahun ini, semua fitur yang diundang akan ditampilkan dua hingga tiga kali masing-masing di enam bioskop, tanpa pemutaran daring. Sementara itu, beberapa film pendek akan diputar secara daring. Setiap sesi penyaringan akan berjalan dengan kapasitas maksimal 50 persen.

Otoritas festival mengatakan mengambil semua tindakan yang diperlukan untuk menyediakan lingkungan yang aman di bawah pedoman pengendalian virus di Busan. Heaven: To the Land of Happiness oleh Im Sang-soo adalah film pertama yang diputar di BIFF tahun ini, diikuti oleh sekitar 220 undangan dari 70 negara, termasuk film penutup Anita, yaitu sebuah film biopik tentang penyanyi Hong Kong dan aktris Anita Mui yang disutradarai Leung Longman.

Jumlah film terpilih pada 2021 sedikit meningkat dari koleksi pada edisi 2020, yaitu sebanyak 192 film. Tiga film ditampilkan di Gala Presentation, yaitu Annette karya Leos Carax, film pembuka Festival Film Cannes tahun ini, dan Wheel of Fortune and Fantasy karya Ryusuke Hamaguchi, pemenang Silver Bear Grand Jury Prize di Festival film Berlin, dan Drive My Car yang dianugerahi skenario terbaik di Cannes.

Tiga serial drama, yakni “Hellbound" dan "My Name" dari Netflix, dan serial asli HBO Asia "Forbidden" akan ditayangkan di bagian On Screen perdana tahun ini. Kategori ini dirancang untuk menayangkan serial drama baru yang akan dirilis secara daring.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement