Kamis 07 Oct 2021 14:58 WIB

Situs Streaming Twitch Alami Peretasan

Data 125 GB berisi layanan distribusi gim video Twitch diposting.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
Situs video live-streaming Twitch
Situs video live-streaming Twitch

REPUBLIKA.CO.ID, SAN FRANSISCO -- Platform live video streaming populer Amazon, Twitch mengatakan para peretas telah membobol jaringannya setelah laporan tentang data rahasia perusahaan yang terbuka muncul secara online. Hal ini diungkapkan oleh Twitch pada Rabu (6/10).

Layanan yang biasa dipakai untuk streaming gim video langsung mengonfirmasi pembobolan di Twitter.

Baca Juga

“Kami dapat mengonfirmasi pelanggaran telah terjadi,” kata Twitch dalam posting dari akun Twitter terverifikasinya, dilansir dari Malay Mail, Kamis (7/10).

“Tim kami bekerja dengan urgensi untuk memahami sejauh mana ini,” ujarnya.

Pernyataan itu muncul setelah ada laporan bahwa sejumlah besar data Twitch telah diposting di papan pesan anonim 4Chan. Sebuah post di 4Chan menyajikan 125 gigabyte data yang dilaporkan termasuk kode sumber Twitch, catatan pembayaran ke streamer dan layanan distribusi gim video digital yang sedang dibangun oleh Amazon Game Studios.

Tampaknya tidak ada data pengguna Twitch personal yang terdampak namun tingkat peretasan masih diselidiki. Pencarian Google untuk ‘cara menghapus Twitch’ meroket delapan kali lipat ketika berita tentang peretasan menyebar, menurut firma analis pemasaran N.Rich.

“Dengan pelanggaran data yang mengkhawatirkan dari platform yang terbesar luas dan global seperti Twitch, pengguna secara alami ingin melindungi diri mereka sendiri dan data mereka sesegera mungkin,” kata juru bicara N.Rich.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement