Kamis 07 Oct 2021 12:27 WIB

Serba-serbi Jurusan Ilmu Komputer

Ilmu Komputer sering masuk daftar sebagai jurusan tersulit.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
Komputer (ilustrasi)
Foto: AP Photo/Jenny Kane
Komputer (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ilmu Komputer sering masuk daftar sebagai jurusan tersulit. Benarkah?

Dilansir dari ZDNET, Kamis (7/10), bidang ilmu komputer mempelajari komputer dan sistem komputasi. Ilmuwan komputer mengembangkan kegunaan baru untuk sistem komputasi dan memecahkan masalah dengan komputer. Mereka menulis program komputer, menganalisis algoritme dan menciptakan teknologi komputasi baru.

Baca Juga

Dalam bidang ilmu komputer yang luas, para profesional mempelajari teori basis data, struktur data, keamanan komputer dan rekayasa perangkat lunak. Spesialisasi lainnya termasuk kecerdasan buatan dan interaksi manusia-komputer.

Dengan pelatihan ilmu komputer, para profesional bekerja sebagai arsitek jaringan komputer, pengembangan perangkat lunak, analis keamanan informasi dan administrator basis data. Banyak pekerjaan ilmu komputer memerlukan gelar sarjana dalam ilmu komputer atau bidang yang terkait erat.

Seberapa Sulitkah Ilmu Komputer?

Profesional ilmu komputer membutuhkan keterampilan pengkodean yang solid dan pengetahuan tentang sistem dan jaringan komputasi. Namun, ilmu komputer juga menawarkan banyak sumber belajar, baik melalui program pendidikan formal maupun sumber belajar mandiri.

Keterampilan tertentu membantu pelajar mengambil ilmu komputer. Misalnya, perhatian yang kuat terhadap detail membuatnya lebih mudah untuk mengidentifikasi bug perangkat lunak.

Keterampilan pemecahan masalah memudahkan pemecahan masalah jaringan atau sistem komputer. Bakat untuk mata pelajaran teknis juga membantu.

Beberapa peran dalam ilmu komputer memerlukan pelatihan lanjutan. Misalnya, spesialis dalam machine learning dan kecerdasan buatan (AI) sering memegang gelar sarjana. Peran lain, termasuk pengembang perangkat lunak, analis jaminan kualitas, arsitek jaringan dan administrator basis data, biasanya memerlukan gelar sarjana.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement