Tekuk Kalteng, DKI ke Semifinal Sepak Bola Putri

Red: Endro Yuwanto

Pesepak bola putri DKI Jakarta Sabreena Ashleigh (kiri) berebut bola dengan pesepak bola putri Kalteng Elis Tribuana (kanan) saat bertanding pada penyisihan Grup B cabor sepak bola putri PON Papua 2021 di Stadion Katapal, Kabupaten Merauke, Papua, Kamis (7/10).
Pesepak bola putri DKI Jakarta Sabreena Ashleigh (kiri) berebut bola dengan pesepak bola putri Kalteng Elis Tribuana (kanan) saat bertanding pada penyisihan Grup B cabor sepak bola putri PON Papua 2021 di Stadion Katapal, Kabupaten Merauke, Papua, Kamis (7/10).
Foto: ANTARA/Galih Pradipta
Di semifinal, DKI menunggu lawan antara Papua atau Jawa Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, MERAUKE -- DKI Jakarta melangkah ke babak semifinal cabang olahraga sepak bola putri PON XX Papua 2021 setelah menang tipis 1-0 berkat gol bunuh diri pemain Kalimantan Tengah (Kalteng) dalam laga terakhir penyisihan Grup B. Pada laga di Stadion Katapal Merauke, Kamis (7/10), kedua tim bertanding dalam tempo yang lambat di sepuluh menit pertama.

Aliran bola lebih banyak bergulir di lapangan tengah. Belum ada serangan yang membahayakan pertahanan.

Pada menit ke-11, DKI mulai mengancam melalui sepak pojok. Namun tendangan Viny Silfianus masih dapat ditangkap kiper Kalteng Krisda Marharith.

Menit ke-16, DKI menyerang melalui penetrasi Carla Bio Pattinasarany ke pertahanan Kalteng yang berujung pelanggaran dan menghasilkan tendangan bebas. Intan Nuraini Ulfa yang mengambil tendangan bebas gagal memanfaatkan peluang setelah tendangannya masih membentur kaki bek lawan.

Pada babak pertama tepatnya menit 34 pelatih Kalteng, Marali, mendapatkan kartu kuning setelah melancarkan protes atas keputusan wasit setelah pemain DKI melanggar pemain Kalteng.

Kalteng bukan tanpa perlawanan terhadap DKI pada babak pertama. Melalui Mey Putri Selpia Husiana, serangan Kalteng dibangun namun masih belum bisa menjebol gawang DKI yang dikawal oleh Sarah Dzikra Safiyah.

Babak pertama pun berakhir dengan skor imbang tanpa gol bagi kedua tim.

Kalteng mengancam di menit awal babak kedua melalui tendangan bebas, namun masih belum membahayakan gawang tim Ibu Kota. Menit ke-50 pemain DKI Intan Nuraini Ulfa mengancam gawang Kalteng melalui tendangan dari luar kotak pinalti, namun sepakannya masih mudah diantisipasi kiper.

Gol yang ditunggu-tunggu DKI baru tercipta pada menit 58 setelah pemain belakang Kalteng Windari Rahmadiyanti gagal mengantisipasi bola dan berujung gol ke gawang sendiri.

Kalteng merespons dengan melakukan dua pergantian pemain sekaligus untuk menambah serangan. Namun masih terhalang tembok kokoh pertahanan DKI Jakarta.

Wasit kembali memberikan kartu merah kepada salah satu ofisial Kalteng setelah dianggap melakukan protes. Kalteng mencoba mengejar ketertinggalannya pada menit yang tersisa hingga berbuah tendangan bebas.

Namun sayang tendangan bebas yang dilesatkan Tutinor Janah melambung tipis di atas mistar gawang DKI. Hingga tiga menit tambahan waktu babak kedua, DKI berhasil mengamankan keunggulan satu gol dan berhak melaju ke semifinal menunggu lawan antara Papua atau Jawa Barat yang baru bertanding 15.30 WIT.

DKI Jakarta berhasil menjadi juara Grup B dengan mengantongi enam poin hasil dari dua kemenangan melawan Bangka Belitung dan Kalteng. Kedua pertandingan tersebut berakhir dengan skor tipis 1-0.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Komentar

Terkait


Petenis Jawa Timur Christoper Rungkat (kanan) dan David Agung (kiri) mengembalikan bola ke arah lawannya petenis Jawa Barat KareemAbdul Hakim/Rafly Febi Puti dalam pertandingan semifinal tenis ganda putra PON Papua 2021 di Jayapura, Papua, Rabu (6/10). Christo/David menang dengan skor 6-3 dan 6-0.

Hari Ini, Perebutan 5 Emas Tenis Perorangan PON Papua

Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia, Karono.

Karono, Boleh Foto Bareng, tapi Wajib Prokes

Menteri Pemuda dan Olahraga RI Zainudin Amali (tengah)

Kasus Covid-19 di PON, Kemenpora Teguh Lanjutkan Kompetisi

Sejumlah atlet menjalani pemeriksaan kesehatan sebelum mendapatkan vaksin COVID-19 di Sport Jabar Arcamanik, Bandung, Jawa Barat, Senin (5/4/2021). Pemerintah Provinsi Jawa Barat memfasilitasi 1.421 personel kontingen Pelatda PON dan Peparnas Jawa Barat untuk mendapatkan vaksin COVID-19 sebagai upaya persiapan atlet menghadapi PON XX di Papua.

Satgas tak Temukan Atlet PON Jabar Terpapar Covid-19

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kemenkes, dr Siti Nadia Tarmizi.

Kemenkes: 29 Kasus Positif Selama PON Isolasi Terpusat

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@rol.republika.co.id (Marketing)

Ikuti

× Image