Rabu 06 Oct 2021 23:29 WIB

Batik dan Budaya RI Ada di Museum Latvia

Bali dan Yogyakarta sangat dikenal di Latvia.

Direktur Museum Daiga Upeniece (kiri) dan Dubes RI untuk Swedia dan Latvia Kamapradipta Isnomo.
Foto: Dokumentasi KBRI Stockholm
Direktur Museum Daiga Upeniece (kiri) dan Dubes RI untuk Swedia dan Latvia Kamapradipta Isnomo.

REPUBLIKA.CO.ID, RIGA -- Benda seni dan budaya Indonesia dipamerkan dengan apik di museum seni, Art Museum Riga-Bourse, di Riga, Lavtia. Museum seni ternama ini memamerkan kebudayaan berbagai negara terutama dari benua Eropa dan Asia.

Duta Besar RI untuk Swedia merangkap Latvia Kamapradipta Isnomo berkesempatan mengunjungi museum tersebut, Selasa (5/10). Ini dilakukan usai menyerahkan surat kepercayaan kepada Presiden Latvia Egils Levits pada hari yang sama. 

"Yang membanggakan benda seni dan budaya Indonesia dipamerkan dengan apik di museum tersebut," kata Kamapradipta yang kerap disapa Kama, dalam keterangan tertulis yang diterima Republika, Selasa. 

Batik berbagai corak, tenun Palembang dan NTB, topeng, wayang kulit, patung burung Garuda, patung dari Papua menghiasi salah satu ruangan Asia di museum bergengsi tersebut. Selain itu, lukisan Raden Saleh menghiasi salah satu sudut pada ruang pameran lukisan karya pelukis Eropa tersohor.

Dalam pertemuan dengan  Direktur Museum Daiga Upeniece, Kama menyampaikan komitmennya, "Semakin menambah koleksi benda seni dan budaya Indonesia di sana dari berbagai provinsi." 

Ia juga akan melanjutkan kolaborasi membawa misi kebudayaan Indonesia ke Latvia dan mendorong pembahasan MoU kebudayaan kedua negara lebih lanjut."

Indonesia dan Latvia menjalin hubungan diplomatik sejak 1993. Salah satu dari tiga negeri Baltik ini merupakan salah satu negara anggota Uni Eropa di wilayah Eropa Timur. 

Latvia dengan penduduk dua juta orang, merupakan mitra dagang dan sumber turis  terbesar Indonesia dari wilayah Baltik. Bali dan Yogyakarta sangat dikenal di Latvia dan merupakan destinasi impian untuk dikunjungi dan berlibur warga Latvia.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement