Rabu 06 Oct 2021 23:05 WIB

Tina Turner Jual Hak Cipta Musiknya

Tina Turner menjual hak cipta musiknya pada BMG.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Nora Azizah
Tina Turner menjual hak cipta musiknya pada BMG.
Foto: THE NIGERIAN REPORTER
Tina Turner menjual hak cipta musiknya pada BMG.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penyanyi pemenang penghargaan Grammy delapan kali, Tina Turner, menjual portofolio hak cipta musik dari karier solonya ke perusahaan musik BMG. Perusahaan menyebut BMG akan menjadi mitra dalam semua musik Tina Turner. 

Berdasarkan kesepakatan itu, BMG juga telah mendapatkan hak atas nama, citra, kemitraan merek, merchandising, dan penggunaan sponsor. Perusahaan menyebut kesepakatan itu sebagai akuisisi artis terbesar yang pernah ada.

Baca Juga

Akuisisi ini mencakup diskografi ekspansif penyanyi legendaris, dengan 10 album studio, dua soundtrack, dan lima kompilasi. Secara keseluruhan, Turner telah menjual lebih dari 100 juta rekaman hingga saat ini.

Meski demikian, Warner Music tetap menjadi perusahaan rekaman Turner. Dikenal sebagai ratu rock n roll, Turner terus memberikan dampak di industri musik. Tahun lalu, lagu miliknya "What's Love Got to Do With It" diubah oleh produser elektronik Kygo, dan masuk di tangga lagu Billboard. Lagu ini juga menduduki puncak tangga lagu Dance/Electronic Digital Song Sales dan mencapai posisi No. 20 di bagan Adult Contemporary Airplay.

Turner memulai karirnya pada 1960-an sebagai duo, Ike & Tina Turner. Mereka mencetak banyak hit selama 15 tahun. Sebagai artis solo, dia meraih beberapa posisi 20 teratas di Billboard Hot 100, termasuk hit No. 1 "What's Love Got to Do With It", "Better Be Good to Me", "Private Dancer", "We Don 't Need Another Hero”, "Typical Male”, dan "The Best”.

Kehidupan dan karyanya telah diabadikan dalam tiga proyek berbeda, termasuk film dokumenter Tina pada 2021, film biografi 1993 What's Love Got To Do With It, dan Tina: The Tina Turner Musical.

“Seperti artis mana pun, perlindungan atas karya hidup saya, warisan musik saya, adalah sesuatu yang pribadi. Saya yakin bersama BMG dan Warner Music, pekerjaan saya berada di tangan yang profesional dan dapat diandalkan,” kata Turner dalam sebuah pernyataan dilansir Billboard, Rabu (6/10).

CEO BMG Hartwig Masuch mengatakan, merasa terhormat mengelola musik dan komersial Tina Turner. 

“Ini adalah tanggung jawab yang kami ambil dengan serius dan akan kami lakukan dengan tekun,” ujar dia.

Hak musik Turner akan bergabung dengan katalog BMG yang sudah sangat banyak, yang mencakup karya-karya oleh John Lennon, Ringo Starr, Mick Fleetwood, Roger Waters, Kurt Cobain, Blondie, David Bowie, Scorpions, The Kinks, Black Sabbath,  Iron Maiden, Mick Jagger, dan Keith Richards.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement