Jateng Dampingi DKI Lolos ke Semifinal Basket Putra

Pebasket putra DKI Jakarta Aldi Izzatur (kedua kanan) berusaha memasukkan bola pada pertandingan penyisihan basket putra 5x5 PON Papua melawan tim basket putra DKI Jakarta, di GOR Mimika Sport Centre, Kabupaten Mimika, Papua, Rabu (6/10/2021). Tim basket putra Jawa Tengah menang dengan skor 88-82.
Pebasket putra DKI Jakarta Aldi Izzatur (kedua kanan) berusaha memasukkan bola pada pertandingan penyisihan basket putra 5x5 PON Papua melawan tim basket putra DKI Jakarta, di GOR Mimika Sport Centre, Kabupaten Mimika, Papua, Rabu (6/10/2021). Tim basket putra Jawa Tengah menang dengan skor 88-82.
Foto: ANTARA/Abriawan Abhe/tom.

REPUBLIKA.CO.ID, MIMIKA -- Tim bola basket putra Jawa Tengah (Jateng) berhasil lolos mendampingi DKI Jakarta dari Pool A ke semifinal basket 5x5 PON XX Papua. Jateng lolos dari lubang jarum setelah mengalahkan DKI 88-82 di Mimika Sport Complex, Mimika, Rabu (6/10)

DKI yang merupakan salah satu favorit juara secara matematis masih bisa gagal lolos andai kalah telak dengan selisih minimal 51 poin dari Jateng. Jika ini terjadi, DKI, Jateng, dan Jabar akan sama-sama mengoleksi nilai tujuh dan DKI akan terdepak karena kalah dalam perhitungan selisih memasukkan kemasukan dalam pertemuan ketiga tim ini. Sesuatu yang hampir mustahil. Sebelumnya, Jabar mengalahkan Jateng 88-83, tapi kemudian kalah telak 53-80 dari DKI. 

Baca Juga

Sehingga, bagi DKI, laga kontra Jateng hanya untuk menentukan status juara atau runner-up di Pool A dan lawan yang akan dihadapi di semifinal. Andai menang, DKI dipastikan juara pool. Andai pun kalah, peluang juara pool tetap terbuka.

Menghadapi Jateng, DKI sempat tertekan pada dua kuarter awal. Jateng yang butuh kemenangan sempat unggul enam poin 10-4, melalui tiga angka Ramdhan Yuwana dan memimpin 25-14 pada akhir kuarter pertama.

Pada kuarter kedua, Jateng terus menjauh. Dandung Pamungkas melesakkan dua poin dan membawa Jateng menjauh 39-24. Satu lemparan bebas Rizki Abdillah membawa Jateng unggul sebelum jeda, 53-35.

Setelah turun minum, DKI Jakarta mulai memanas, mencetak poin demi poin dan mempertipis ketinggalan saat kuarter tiga tuntas, 66-70. Pada kuarter pamungkas, DKI Jakarta menyamakan kedudukan 78-78 setelah lay up Yesaya Saudale melesak ke keranjang Jawa Tengah. Setelah itu, tim Ibu Kota berupaya keras menyusul, tetapi Jateng mengendalikan laga dan menang 88-82.

Forward Habib Tito Aji mencatatkan perolehan poin terbaik untuk Jawa Tengah dengan double-double, 20 poin, 13 rebound dan tiga assist. Di kubu DKI Jakarta, Patrick Nikolas memiliki statistik terbaik dengan 16 poin dan satu rebound.

DKI akan menghadapi runner up Pool B Jawa Timur. Sementara Jateng akan menantang Sulawesi Utara di empat besar.

Komentar

Terkait


Candra Wijaya

Ini Kata Candra Wijaya Soal Bulu Tangkis dan PON Papua

Penonton mengenakan masker saat menyaksikan pertandingan Sepak Takraw di GOR Trikora Universitas Cendrawasih, Distrik Abepura, Kota Jayapura, Papua, Senin (4/10). PON XX Papua digelar pada masa pandemi Covid-19 dengan menerapkan protokol kesehatan seperti penggunaan masker, pembatasan jumlah penonton, serta menjaga jarak di setiap arena. Republika/Thoudy Badai

Tingkatkan 3T Selama PON XX Berlangsung

 Pemerintah Kabupaten Merauke memfasilitasi 140 pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk menggelar produk kesenian masyarakat lokal di tengah penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua.

UMKM di Papua Pamerkan Produknya Saat Penyelenggaraan PON

Pelompat jauh Bali Maria Natalia Londa bertanding dalam babak final lompat jauh putri cabang atletik PON Papua di Stadion Atletik Mimika Sport Center, Kabupaten Mimika, Papua, Selasa (5/10/2021). Maria Londa meraih medali emas dalam nomor tersebut, sementara medali perak diraih atlet Nusa Tenggara Barat (NTB) Rohani dan medali perunggu diraih atlet Papua Vinsensia Awutet Amjaram.

Maria Londa Belum Terkalahkan di Lompat Jangkit

Relawan memasukan data pengunjung di stadion aquatik saat PON Papua di Kampung Harapan, Kabupaten Jayapura, Papua, Rabu (6/10/2021).

Pemeriksaan Data Penonton di Arena Stadion Aquatik PON XX

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

Ikuti

× Image