Rabu 06 Oct 2021 18:58 WIB

10 Kelurahan di Jakarta Pusat Prioritas Penanganan Stunting

Stunting adalah masalah kurang gizi kronis karena kurangnya asupan gizi.

10 Kelurahan di Jakarta Pusat Prioritas Penanganan Stunting. Petugas mengukur lingkar kepala anak pada kegiatan Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu).
Foto: ANTARA/Feny Selly
10 Kelurahan di Jakarta Pusat Prioritas Penanganan Stunting. Petugas mengukur lingkar kepala anak pada kegiatan Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sedikitnya 10 kelurahan di Jakarta Pusat hingga saat ini masuk prioritas peningkatan gizi kepada anak-anak dalam mengatasi stunting atau gizi buruk.

"Berdasarkan hasil survei, ada 10 kelurahan prioritas dalam rangka penanganan stunting. Makanya itu menjadi perhatian serius," kata Wali Kota Jakarta Pusat Dhany Sukma pada panen ikan di Embung Pangeran Jayakarta, Sawah Besar Jakarta Pusat, Rabu (6/10).

Baca Juga

Stunting adalah masalah kurang gizi kronis karena kurangnya asupan gizi dalam waktu lama. Stunting mengakibatkan gangguan pertumbuhan pada anak, yakni tinggi badan anak lebih rendah atau pendek (kerdil) dari standar usianya.

Dhany mengatakan akan melakukan pendataan ibu hamil dan kelompok usia anak-anak sehingga dapat dilakukan intervensi. Pengentasan stunting juga dilakukan salah satunya melalui pemberian ikan hasil panen kepada warga yang termasuk dalam program data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS).

Kepala Sudin Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) Kota Administrasi Jakarta Pusat Penty Yunesi mengatakan ikan hasil panen di Embung Jayakarta diberikan salah satunya di Kelurahan Mangga Dua Selatan. "Untuk kontribusi penurunan stunting, kebetulan ini Kelurahan Mangga Dua Selatan masuk ke dalam kriteria stunting," kata Penty.

Pelaksanaan panen ikan di Embung Jayakarta juga dilakukan sebelum embung tersebut difungsikan sebagai penampungan air dalam mengantisipasi banjir. Dalam setahun, setidaknya Sudin KPKP Jakarta Pusat memberikan sekitar 100 ribu benih ikan melalui unit pelaksana teknis (UPT) pusat produksi inspeksi dan sertifikasi hasil perikanan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement