Rabu 06 Oct 2021 14:36 WIB

Pendakian Gunung Arjuno-Welirang Ditutup Lagi 

Status PPKM di Kabupaten Pasuruan, Jatim, naik dari dua menjadi tiga.

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Ratna Puspita
Gunung Arjuno, Jawa Timur (Jatim).
Foto: Istimewa
Gunung Arjuno, Jawa Timur (Jatim).

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Pendakian Gunung Arjuno-Welirang ditutup kembali menyusul naiknya level PPKM di Kabupaten Pasuruan. Berdasarkan Instruksi Mendagri (Inmendagri) RI Nomor 47 Tahun 2021, level PPKM di daerah tersebut berubah dari dua menjadi tiga kembali.

Kepala Taman Hutan Raya (Tahura) Raden Soerjo Ahmad Wahyudi mengatakan, penutupan pendakian telah tertuang dalam pengumuman yang dikeluarkan oleh UPT Tahura Raden Soerjo Nomor 522/685/123.7/2021. Pengumuman ini berisi tentang penutupan kegiatan pendakian Gunung Arjuno-Welirang melalui jalur Tretes dan Tambaksari. 

Baca Juga

Pada aturan Inmendagri terbaru, Kabupaten Pasuruan berada pada level 3 PPKM terhitung mulai 5 Oktober 2021. Dengan adanya aturan ini, kegiatan wisata bidang apapun di lokasi tersebut tidak diizinkan. 

"Pendakian Arjuno Welirang juga ditutup," kata Ahmad saat dikonfirmasi wartawan, Rabu (6/10).

 

Menurut Ahmad, kegiatan pendakian Gunung Arjuno-Welirang akan dibuka kembali dengan memperhatikan instruksi pemerintah lebih lanjut. Hal ini berarti pihak Tahura masih harus menunggu perubahan level PPKM selama dua pekan ke depan.

Sebelumnya, pendakian Gunung Arjuno-Welirang sempat dibuka mulai 19 September lalu. Pembukaan ini dapat dilakukan karena level PPKM Kabupaten Pasuruan turun hingga ke level dua. Sebab itu, pintu masuk Tambaksari, Kecamatan Purwodadi, dan Tretes, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan bisa diakses untuk pendaki.

Gunung Arjuno secara administratif berada di perbatasan Kota Batu, Kabupaten Malang, dan Kabupaten Pasuruan. Saat ini, tiga wilayah tersebut masih harus menerapkan kebijakan PPKM Level 3. Berdasarkan situasi tersebut, pendakian Gunung Arjuno-Welirang pun terpaksa ditutup kembali hingga waktu yang belum ditentukan.

Gunung Arjuno merupakan gunung tertinggi kedua di Jawa Timur (Jatim) dengan ketinggian mencapai 3.339 meter di atas permukaan laut (mdpl). Sementara itu, ketinggian Gunung Welirang sendiri tercatat mencapai 3.156 mdpl.

Gunung Arjuno terletak bersebelahan dengan Gunung Welirang, termasuk Gunung Kembar I dan Gunung Kembar II. Puncak Gunung Arjuno berada dalam satu punggungan yang sama dengan puncak Gunung Welirang. Bagian ini biasanya lebih dikenal sebagai kompleks Arjuno-Welirang. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement