Wednesday, 24 Syawwal 1443 / 25 May 2022

Masyarakat Antusias, Vaksinasi Bergerak Paman Birin

Rabu 06 Oct 2021 11:22 WIB

Red: Hiru Muhammad

Usai dilantik Presiden Joko Widodo 25 Agustus 2021, Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor, langsung begerak meredam penyebaran covid 19. Strategi yang diterapkan adalah merumuskan  kebijakan konkret, memantapkan koordinasi dan merumuskan solusi kendala lapangan.

Usai dilantik Presiden Joko Widodo 25 Agustus 2021, Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor, langsung begerak meredam penyebaran covid 19. Strategi yang diterapkan adalah merumuskan kebijakan konkret, memantapkan koordinasi dan merumuskan solusi kendala lapangan.

Foto: Istimewa
Vaksinasi bergerak lebih bersifat memberikan motivasi dan edukasi

REPUBLIKA.CO.ID, BANJAR--Usai dilantik Presiden Joko Widodo 25 Agustus 2021, Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor, langsung begerak meredam penyebaran covid 19. Strategi yang diterapkan adalah merumuskan  kebijakan konkret, memantapkan koordinasi dan merumuskan solusi kendala lapangan.

Salah satu kebijakan itu menggalakkan Vaksinasi Bergerak dengan  melibatkan stakeholder terkait dibantuTNI/POLRI. " Hari ini kami kembali begerak bersama Forkopimda untuk mensukseskan program vaksinasi massal dari pemerintah untuk meredam penularan covid," tutur Paman Birin sapaan akrabnya, Rabu (6/10).

Untuk menuju ke titik titik lokasi  kegiatan vaksinasi, Gubernur H Sahbirin Noor itu lebih memilih naik motor trail daripada armada mobil - (Istimewa)
 
Didampingi Ketua DPRD Kalsel Supian HK, Danrem 101 Antasari Brigjen TNI Firmansyah, Sekda Kalsel  Roy Rizali Anwar, Kadinkes Kalsel HM.Muslim,  dan pejabat terkait, Paman Birin menjelaskan, vaksinasi bergerak lebih bersifat memberikan motivasi, edukasi dan  memastikan jumlah masyarakat yang sudah  tervaksin.
Dinamakan vaksinasi begerak, masih menurut gubernur adalah dengan menyasar masyarakat masyarakat yang bermukim di pelosok. "Kita ingin memastikan masyarakat pelosok desa sudah tervaksin. Tujuan lain memberikan semangat,  eduksi terkait pentingnya vaksin untuk menangkal covid," terangnya 

Kunjungan ke lokasi vaksinasi bergerak berlangsung selama lima hari  mulai 6- 9 Oktober 2021 dengan melibatkan Forkopimda dan stakeholder terkait. Patut diapresiasi dari kunjungan gubernur ke lokasi  vaksinasi bergerak ini adalah semangat Gubernur Kalsel dalam menggelorakan peningkatan jumlah masyarakat yang ikut vaksin.

photo
Untuk menuju ke titik titik lokasi  kegiatan vaksinasi, Gubernur H. Sahbirin Noor  itu lebih memilih naik motor trail daripada armada mobil. (istimewa)
 
"Kita sengaja naik motor roda dua ke lokasi vaksinasi dilatari ingin menyapa masyarakat secara langsung di samping memudahkan menempuh medan sulit di pelosok desa," katanya.

Program Vaksinasi Bergerak yang diinisiasi langsung Paman Birin menyasar 13 Kabupaten Kota di Kalsel,   hingga pelosok pedesaan.

Hari pertama pelaksanaan di awali start dari rumah jabatan gubernur di Jl R Suprapto Banjarrbaru sampai Kabupaten Tanah Bumbu dan Kotabaru. Kemudian balik arah kembali ke Kabupaten di Hulu Sungai  dan daerah pelosok lain yang belum terjangkau.

Hari pertama peninjauan, setelah meninjau pelaksanaan vaksinasi di SMA Don Bosco, Pekauman Banjarmasin, Gubernur H Sahbirin Noor melanjutkan perjalanan  menuju ke Majelis Ta'lim Habib Ali Kecamatan Aluh Aluh, Kabupaten Banjar. 

Kemudian kunjungan dilanjutkan lagi ke Madrasah Stanawiyah Pondok Pesantren Ubudiyah Bati Bayi Kabupaten Tanah Laut."Alhmadulillah, saya melihat masyarakat berbondong bondong datang untuk vaksin, ini upaya kita untuk menekan laju penularan Covid 19," sebut Paman Birin.

Paman Birin mengajak masyarakat untuk bersama-sama melawan Covid 19 dengan tetap menerapkan protokol kesehatan seperti menjaga jarak, menggunakan masker, mencuci tangan. 

Sementara itu, salah satu warga Desa Guntung Papuyu, Mukhlis, mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Kalimantam Selatan karena telah membantu vaksinasi di daerahnya. "Terima kasih Paman Birin sudah membantu vaksinasi di daerah kami, ini adalah vaksin pertama saya," katanya. 

Berdasarkan data Dinkes Provinsi Kalimantan Selatan sasaran vaksinasi Majelis Ta'lim Habib Ali Kecamatan Aluh Aluh Kabupaten Banjar.

 

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA