Kamis 07 Oct 2021 00:20 WIB

Jus Delima Bisa Turunkan Kadar Gula Darah dalam 15 Menit

Konsumsi jus delima sebanyak 230 ml tampak dapat menurunkan kadar gula darah.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Buah pome atau delima. Menurut hasil studi, jus buah delima dapat membantu menurunkan kadar gula darah pada diabetesi dengan berat badan normal.
Foto: Pixabay
Buah pome atau delima. Menurut hasil studi, jus buah delima dapat membantu menurunkan kadar gula darah pada diabetesi dengan berat badan normal.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kadar gula darah tinggi atau hiperglikemia bisa memicu berbagai masalah kesehatan, utamanya bagi para penyandang diabetes. Haus atau lapar ekstrem, muntah, serta penglihatan kabur bisa dirasakan oleh diabetesi ketika kadar gula darahnya tinggi.

Penasihat Klinis Senior di Diabetes UK, Esther Walden, mengatakan, pengidap diabetes tipe 2 perlu menjaga kadar gula darah tetap stabil.  Itu penting guna mengurangi risiko komplikasi, seperti serangan jantung, strok, masalah ginjal, dan mata.

Baca Juga

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menstabilkan kembali gula darah, salah satunya adalah dengan minum segelas jus delima. Sebuah studi yang terbit di Current Development of Nutrition, Oxford Academic pada Juni 2020 mengungkapkan bahwa minum jus pomegranate dapat menurunkan kadar gula darah hanya dalam 15 menit.

Kesimpulan itu didapat setelah para peneliti dari University of California, Los Angeles, Amerika Serikat memberi peserta dengan air gula serta jus delima. Mereka menemukan bahwa respons glukosa yang lebih rendah teramati pada pasien yang minum jus delima.

 

Temuan mereka juga menunjukkan bahwa minum jus delima dapat membantu mengatur kadar gula darah pada pengidap diabetes. Ini terjadi pada orang dengan berat badan normal dan diberi jus delima sebanyak 230 ml.

Baca juga  : Gejalanya tak Terasa, Siapa Paling Berisiko Osteoporosis?

Yang mengejutkan, kadar gula darah semua peserta secara signifikan menurun dalam waktu 15 hingga 30 menit setelah minum jus delima. Selain dengan minum jus, ahli nutrisi di Inggris, Kerry Beeson, juga merekomendasikan jalan santai sebagai solusi untuk menurunkan kadar gula darah.

Olahraga ringan, seperti berjalan kaki, meningkatkan detak jantung dan pernapasan, yang kemudian bisa memperlancar aliran darah ke seluruh tubuh. Ia merekomendasikan untuk berjalan-jalan setidaknya 15 sampai 30 menit dalam sehari.

"Menggerakkan otot bisa merangsang penyerapan glukosa (gula) dari aliran darah, yang pada gilirannya menurunkan kadar glukosa darah. Cobalah lakukan itu setiap habis makan untuk mencegah lonjakan gula darah yang sering dialami setelah makan," kata Beeson, seperti dilansir dari The Sun, Rabu (6/10).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement