Jatim Juara Umum Cabor Wushu pada PON XX Papua

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Endro Yuwanto

Atlet Wushu Jatim William Ajinanta dan Nicholaus Karanka beraksi pada final wushu taolu kategori duilian putra PON Papua di GOR Futsal Dispora, Kabupaten Merauke, Papua, Ahad (3/10/2021). Tim Wushu Jatim meraih medali emas pada pertandingan tersebut.
Atlet Wushu Jatim William Ajinanta dan Nicholaus Karanka beraksi pada final wushu taolu kategori duilian putra PON Papua di GOR Futsal Dispora, Kabupaten Merauke, Papua, Ahad (3/10/2021). Tim Wushu Jatim meraih medali emas pada pertandingan tersebut.
Foto: ANTARA/Galih Pradipta
Jatim meraih 6 medali emas, 4 perak, dan 5 perunggu dari cabang olahraga wushu.

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa bersyukur atas raihan atlet-atlet asal Jatim yang berlaga pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021. Utamanya untuk atlet wushu yang mampu menjadi juara umum pada gelaran tersebut.

Atlet wushu Jawa Timur mampu meraih enam keping medali emas, empat medali perak, dan lima medali perunggu dari cabang olahraga wushu.

"Alhamdulillah. Berkat latihan, perjuangan, dan doa, Jawa Timur menjadi juara umum PON XX Papua 2021 pada cabang olah raga wushu. Enam keping medali emas, empat perak, dan lima perunggu berhasil dibawa pulang dari Merauke, Papua," tulis Khofifah melalui akun Instagram resminya @khofifah.ip pada Rabu (6/10).

Khofifah menyatakan, capaian tersebut merupakan prestasi yang luar biasa karena telah melampaui target yang ditetapkan. Capaian tersebut juga lebih baik daripada PON sebelumnya, saat atlet wushu Jatim hanya mampu meraih dua medali emas.

Khofifah menyatakan akan mengundang para atlet berprestasi ke Gedung Negara Grahadi, sepulangnya dari Papua. "Ini prestasi luar biasa karena melebihi target keping medali yang diperoleh. Pada PON sebelumnya Jatim hanya memperoleh dua medali emas," jelasnya.

Namun demikian, Jawa Timur masih belum mampu menembus tiga besar raihan medali PON XX Papua. Jatim masih berada di posisi empat, di bawah DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Papua.

Baca juga : Gunung Bromo Kembali Ditutup untuk Wisatawan

Hingga kini, DKI Jakarta telah mengoleksi total raihan 110 medali, meliputi 42 emas, 31 perak, dan 37 perunggu. Kemudian peringkat kedua ditempati Jawa Barat yang sebelumnya berhasil menggeser tuan rumah, Papua. Jawa Barat mengantongi 112 medali yang meliputi 38 emas, 32 perak, dan 42 perunggu.

Sementara Papua yang menjadi tuan rumah harus puas bergeser ke posisi tiga. Papua mengoleksi 89 medali dengan rincian 34 emas, 18 perak, dan 37 perunggu. Selanjutnya di posisi keempat ada Jawa Timur yang mengantongi 87 medali. Terdiri dari 32 emas, 30 perak, dan 25 perunggu.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Komentar

Terkait


Sejumlah atlet dan ofisial yang berlaga di PON XX Papua ditemukan positif Covid-19, termasuk atlet asal Jabar.

Pemprov Jabar Telusuri Atlet dan Ofisial Positif Covid-19

Atlet renang perairan terbuka putra Jawa Barat Aflah Fadlan Prawira memacu kecepatannya saat final renang perairan terbuka 10.000 M putra PON Papua di Teluk Yos Sudarso, Kota Jayapura, Papua, Selasa (5/10/2021). Atlet renang perairan terbuka Jawa Barat Fadlan berhasil meraih medali emas dengan catatan waktu 2 jam 2 menit 50 detik sementara medali perak diraih atlet Jawa Timur Dimas Permana (2 jam 6 menit 6 detik) dan medali perunggu diraih atlet DKI Jakarta Joe Aditya (2 jam 7 menit 53 detik).

Atlet Renang Perairan Terbuka Asal Bekasi Sumbang Emas

Pebulu tangkis ganda putra Papua Arfan Abidin (kiri) dan Christopher Andar Fitzgerald berusaha mengembalikan kok ke arah pebulu tangkis ganda putra Kalimantan Timur pada pertandingan penyisihan beregu putra PON Papua di GOR Waringin Kotaraja, Kota Jayapura, Papua, Rabu (6/10/2021).

Penyisihan Bulu Tangkis Beregu Putra PON Papua

Penonton di tes antigen sebelum masuk venue angkat besi PON 2021 di Auditorium Uncen Jayapura, Papua.

Prokes di Venue Cabor Angkat Besi Berlangsung Ketat

Atlet taekwondo Jawa Barat Dinggo Ardian Prayogo (kiri) melepaskan tendangan ke arah atlet taekwondo Sumatra Barat Bimantara Subrata (kanan) saat pertandingan final Taekwondo kategori Kyorugi kelas under 80 Kg putra PON Papua di GOR Politeknik Penerbangan Kayu Batu, Kota Jayapura, Papua, Selasa (5/10/2021).

PBTI: Atlet Pelatnas Gagal Raih Emas PON akan Dievalusi

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@rol.republika.co.id (Marketing)

Ikuti

× Image