Tuesday, 23 Syawwal 1443 / 24 May 2022

KPM Gelar Kompetisi Matematika dan Sains Indonesia

Rabu 06 Oct 2021 08:38 WIB

Red: Hiru Muhammad

Kompetisi Matematika dan Sains Indonesia (KMSI) kembali digelar. Kompetisi yang digelar oleh Klinik Pendidikan MIPA (KPM) ini diawali dengan babak penyisihan pada Minggu (12/9) dan berakhir dengan babak final yang berlangsung pada Minggu (3/10).

Kompetisi Matematika dan Sains Indonesia (KMSI) kembali digelar. Kompetisi yang digelar oleh Klinik Pendidikan MIPA (KPM) ini diawali dengan babak penyisihan pada Minggu (12/9) dan berakhir dengan babak final yang berlangsung pada Minggu (3/10).

Foto: istimewa
Kompetisi ini bertujuan meningkatkan kemampuan dan mendorong motivasi siswa

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR--Kompetisi Matematika dan Sains Indonesia (KMSI) kembali digelar. Kompetisi yang digelar oleh Klinik Pendidikan MIPA (KPM) ini diawali dengan babak penyisihan pada Minggu (12/9) dan berakhir dengan babak final yang berlangsung pada Minggu (3/10).

Sebanyak 1374 siswa mengikuti babak penyisihan KMSI, dan menyisakan 689 siswa di babak final. Di tahun 2021, KMSI digelar secara online yang sebelumnya selalu diadakan secara offline. 

"KMSI sudah digelar selama enam tahun berturut-turut,dan tahun ini diadakan secara online karena masa pandemi. Alhamdulillah berjalan lancar tanpa kendala, dan antusiasme para siswa untuk mengikuti kompetisi ini sangat tinggi," kata Manajer Lomba KPM, Narendra Prasidya Wishnu.

Kompetisi ini bertujuan meningkatkan kemampuan dan mendorong motivasi siswa untuk dapat bersaing disalah satu kompetisi paling bergengsi di dunia, yaitu International Mathematics and Science Olympiad (IMSO). Kategori peserta KMSI terdiri dari siswa kelas empat sampaienam SD.

Menurut Alexa Jeslyn Hendrawan peserta KMSI asal Yogyakarta, KMSI adalah kompetisi yang menarik karena menggabungkan matematika dan sains. Selain itu, Alexa yang merupakan siswi kelas empat SD Tarakanita Bumijo Yogyakarta ini juga mengatakan bahwa soal-soal pada KMSI berbeda dengan soal pada kompetisi lainnya. "Lombanya menarik, challenging, dan banyak variasi soal yang baru yang berbeda dengan lomba-lomba lainnya," kata Alexa

Alexa merasa bahwa KMSI memberikan pengalaman yang berkesan bagi dirinya. Alexa berharap dapat bergabung kembali dengan KMSI berikutnya sehingga menambah pengalaman dan pengetahuannya."Kompetisi ini telah menghasilkan banyak siswa berprestasi untuk mewakili Indonesia di ajang internasional. Peraih medali pada KMSI akan diikutsertakan dalam seleksi IMSO 18," jelas Narendra.

Peserta yang mengikuti KMSI ini nantinya akan mendapat penghargaan dengan kategori BestOverall, Best Mathematics, dan Best Science. Selain itu, peserta juga akan mendapattrofi juara, uang pembinaan, e-sertifikat, dan rekomendasi seleksi IMSO 18."Untuk hasilnya nanti akan dikoreksi oleh tim juri, melalui proses cut off, dan para pemenang akan diumumkan pada hari Minggu 10 Oktober, pukul 16.00 WIB di channel Youtube KPM Seikhlasnya," kata Narendra.

 

 

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA