Thursday, 25 Syawwal 1443 / 26 May 2022

Pangdam: Jasa Jenderal Soeharto Bagi Indonesia Sangat Besar

Rabu 06 Oct 2021 07:49 WIB

Red: Erik Purnama Putra

Pangdam IV/Diponegoro Mayjen Rudianto, Kapolda Jateng Irjen Ahmad Luthfi, dan Wakil Gubernur Jateng,Taj Yasin Maimoen ziarah ke makam Jenderal Besar HM Soeharto di Astana Giri Bangun Matesih, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah (Jateng), Senin (4/10).

Pangdam IV/Diponegoro Mayjen Rudianto, Kapolda Jateng Irjen Ahmad Luthfi, dan Wakil Gubernur Jateng,Taj Yasin Maimoen ziarah ke makam Jenderal Besar HM Soeharto di Astana Giri Bangun Matesih, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah (Jateng), Senin (4/10).

Foto: Dok Pemprov Jateng
Pangdam Diponegoro, Kapolda Jateng, dan Wagub ziarah ke makam Astana Giribangun.

REPUBLIKA.CO.ID, KARANGANYAR -- Menyambut HUT ke-76 Tentara Nasional Indonesia (TNI) serta HUT ke-71 Kodam IV/Diponegoro yang jatuh pada Selasa (5/10), Pangdam IV/Diponegoro Mayjen Rudianto bersama Kapolda Jateng Irjen Ahmad Luthfi melaksanakan ziarah ke makam Jenderal Besar HM Soeharto di Astana Giribangun Matesih, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah (Jateng), Senin (4/10).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Gubernur (Wagub) Jateng, Taj Yasin Maimoen beserta Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Jateng, dan Kapolres Karanganyar AKBP Muchammad Syafi Maula. Sekitar seratus orang rombongan tersebut memasuki kuncup Astana Giribangun untuk melakukan prosesi ziarah

Diawali dengan penghormatan umum dan mengheningkan cipta, Pangdam beserta rombongan  turut menaburkan bunga serta memanjatkan doa agar almarhum Jenderal Besar HM Soeharto mendapat tempat terbaik di sisi Tuhan Yang Mahaesa.

Dalam konferensi pers yang digelar setelah ziarah, Mayjen Rudianto, menegaskan tujuan dari pelaksanaan ziarah tersebut adalah untuk memberikan penghormatan kepada founding father (bapak pendiri) di Indonesia. Menurut dia, jasa Jenderal Besar Soeharto untuk Indonesia sangat besar.

Menurut Rudianto, Soeharto banyak memberikan kontribusi demi kemakmuran serta kemajuan bagi bangsa Indonesia. Dia berharap, inspirasi itu bisa menjadi harapan bagi generasi penerus dapat meniru pengabdiannya serta melanjutkan perjuangan-perjuangan yang telah dilakukan.

"Semoga dari kegiatan ini dapat memacu dan menjadi penyemangat dalam rangka memajukan Indonesia menjadi lebih maju, lebih tangguh dan bisa keluar dari situasi pandemi Covid-19," ucap mantan Komandan Grup 1/Kopassus tersebut.

Baca juga : Isu Komunisme dan Persaingan di TNI

Rudianto melanjutkan, untuk pelaksanaan serbuan vaksinasi di Provinsi Jateng, telah dilaksanakan dengan baik oleh pemerintah daerah (pemda) dibantu TNI-Polri. "Diupayakan dalam waktu secepat mungkin, target 70 persen bisa dicapai," ujarnya.

Wagub Jateng Taj Yasin Maimoen menyampaikan, pada HUT ke-75 TNI atau 2020, Gubernur Ganjar Pranowo menyampaikan harapan, agar TNI bersedia aktif membantu penanganan Covid-19 di Provinsi Jateng. Harapan itu langsung direspon cepat TNI dengan beragam kegiatan, yang berkontribusi besar dalam penanganan pandemi.

Pada peringatan HUT ke-76 TNI, kata Taj Yasin, harapan itu sudah menunjukkan hasil yang sangat signifikan. Menurut dia, buah kerja keras dan sinergi TNI dengan banyak pihak, kasus Covid-19 di Jateng mulai dapat dikendalikan

 

"Kami sangat berterima kasih kepada TNI/ Polri, khususnya kepada TNI yang terus sampai nanti selalu menjaga keutuhan bangsa. Dan bukan hanya tugas pokoknya saja, tetapi juga ternyata TNI kali ini juga membantu kami untuk penanganan Covid-19," usai politikus PPP itu di makam Presiden ke-2 RI Jenderal Besar H M Soeharto.

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA