Tuesday, 23 Syawwal 1443 / 24 May 2022

Arkeolog Temukan Toilet Kuno Usia Ribuan Tahun di Yerusalem

Rabu 06 Oct 2021 06:18 WIB

Rep: Dwina Agustin/ Red: Dwi Murdaningsih

Para arkeolog Israel telah menemukan kakus kuno yang langka di Yerusalem, Selasa (5/10).

Para arkeolog Israel telah menemukan kakus kuno yang langka di Yerusalem, Selasa (5/10).

Foto: ap
Pada zaman dulu, hanya orang kaya yang mampu membuat toilet.

REPUBLIKA.CO.ID, YERUSALEM -- Para arkeolog Israel telah menemukan kakus kuno yang langka di Yerusalem, Selasa (5/10). Toilet ini berusia lebih dari 2.700 tahun dan kamar mandi pribadi menjadi barang mewah di kota suci itu pada masa tersebut.

Otoritas Barang Antik Israel mengatakan kakus batu kapur yang halus dan berukir itu ditemukan di sebuah kabin persegi panjang. Tempat ini merupakan bagian dari sebuah rumah besar yang menghadap ke tempat yang sekarang menjadi Kota Tua.

Baca Juga

Kakus tersebut dirancang untuk tempat duduk yang nyaman, dengan septic tank yang dalam digali di bawahnya. "Bilik kamar mandi pribadi sangat langka di zaman kuno, dan hanya sedikit yang ditemukan hingga saat ini," kata direktur penggalian, Yaakov Billig.

Menurut Billig, hanya orang kaya yang mampu membuat kamar mandi. Dia menceritakan, seorang rabi terkenal pernah menyarankan bahwa menjadi kaya adalah memiliki toilet di sebelah mejanya.

Otoritas barang antik mengatakan, tulang binatang dan tembikar yang ditemukan di tangki septik dapat menjelaskan gaya hidup dan pola makan orang yang hidup pada waktu itu. Bahkan, peneliti dapat mengetahui penyakit kuno dari tempat tersebut.

Para arkeolog menemukan batu dan pilar dari zaman itu di area dekat kakus. Mereka mengatakan ada bukti keberadaan taman di dekatnya dengan kebun buah serta tanaman air, sehingga itu menunjukan orang yang tinggal di sana cukup kaya. 

 

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA