Rabu 06 Oct 2021 06:00 WIB

Spanyol Berencana Naikkan Gaji Pegawai Negeri

Pemerintah Spanyol berencana menaikkan gaji pegawai negeri sebesar dua persen

Rep: Lintar Satria/ Red: Christiyaningsih
Pemerintah Spanyol berencana menaikkan gaji pegawai negeri sebesar dua persen. Ilustrasi.
Foto: AP
Pemerintah Spanyol berencana menaikkan gaji pegawai negeri sebesar dua persen. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID -- Pemerintah Spanyol berencana untuk menaikkan gaji pegawai negeri sebesar dua persen pada tahun 2022. Seorang sumber dari kementerian keuangan mengatakan langkah ini diambil agar gaji pegawai negeri sesuai dengan kenaikan harga kebutuhan pokok, Selasa (5/10).

Kenaikan gaji akan diratifikasi oleh seluruh kabinet dan lalu parlemen sebelum akhir tahun ini. Kenaikan akan masuk anggaran pemerintah tahun depan. Data kilat badan statistik nasional Spanyol, INE, pekan lalu menunjukkan angka inflasi 12 bulan terakhir mencapai empat persen, tertinggi dalam 13 tahun terakhir.  

Baca Juga

Pemerintah mengatakan kenaikan harga bersifat sementara. Namun bank sentral, Bank Spanyol, memperingatkan dampak kedua seperti kenaikan gaji atau upah yang membuat inflasi bertahan.

September lalu upah minimum Spanyol sudah dinaikkan 1,6 persen. Pemerintah berencana menaikkan lain pada 2022. Pensiunan publik akan dinaikkan pada 1 Januari untuk disesuaikan dengan angka inflasi rata-rata tahun 2021. Pakar memprediksi sekitar 2,8 persen.

Partai sayap kiri Unidas Podemos yang berkompromi dengan koalisi berkuasa sepakat dengan rancangan anggaran pemerintah setelah sempat perdebatan selama berminggu-minggu. Akhirnya kedua belah pihak menemukan titik temu dalam isu perumahan, masalah yang paling banyak disengketakan.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement