Selasa 05 Oct 2021 17:54 WIB

Ridwan Kamil dari PON ke PAN

Ridwan Kamil hadiri di acara Bimtek Nasional yang diselenggarakan PAN.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (tengah) menghadiri Bimtek Nasional PAN, di Bali, Selasa (5/10).
Foto: istimewa/doc humas
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (tengah) menghadiri Bimtek Nasional PAN, di Bali, Selasa (5/10).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil hadir pada gelaran Bimtek Nasional yang diselenggarakan oleh Partai Amanat Nasional (PAN) di Nusa Dua Bali. Pria yang akrab disapa Kang Emil itu didapuk memberikan materi berjudul ‘Post Pandemic Leadership in Digital Era’. Workshop nasional itu dihadiri oleh seluruh anggota legislatif F-PAN di semua tingkatan dari seluruh Indonesia.

Sebelum tiba di Bali, RK diketahui hadir pada gelaran PON di Papua. “Dari PON ke PAN,” kata RK, seperti rilis yang diterima Republika.co.id dari Humas PAN, Selasa (5/10).

Ia berharap PAN terus tampil menjadi partai politik andalan rakyat. “Saya harap PAN bisa menjadi partai yang terus mengawal demokrasi yang damai dan politik yang kondusif. Partai itu harus seperti peserta PON. Meski bersaing saat kontestasi, setelah itu tetap bisa ngopi-ngopi,”  ungkapnya.

Didampingi Sekjen PAN Eddy Soeparno sebagai moderator, RK menyampaikan pengalamannya memimpin Jawa Barat di era pandemi. RK mengemukakan tantangan dan peluang yang hadir pascapandemi ini, “Kita harus adaptif terhadap perubahan. Pemimpin harus tampil dengan inovasi-inovasi,” kata RK.

RK juga menyampaikan pentingnya media sosial bagi kepemimpinan di era digital ini. Media sosial bisa dipakai untuk melakukan sosialisasi bahkan kampanye. “Sekarang politisi harus bisa bermedia sosial, ikut bermain di dunia digital yang digandrungi milenial dan Gen Z. Harus mengerti Instagram, Facebook, bahkan Tiktok. Semua itu lebih efektif dan lebih murah dari baliho,” ungkapnya.

Di tengah acara Ridwan Kamil tiba-tiba mendapat kejutan dari PAN. Musik di ruangan tiba-tiba memperdengarkan lagu ulang tahun dan layar raksasa di tempat acara menunjukkan tulisan ucapan ulang tahun untuk RK. Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan tiba-tiba berdiri dan menuju panggung. Kue ulang tahun sudah disiapkan untuk RK.

“Selamat ulang tahun, semoga usianya berkah. Menjadi pemimpin kebanggaan masyarakat,” ungkap Zulhas. Di akhir acara, RK menyampaikan terima kasih atas kejutan yang diberikan PAN untuknya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement