Rabu 06 Oct 2021 00:17 WIB

Pengamat: Airlangga Tengah Himpun Kekuatan untuk 2024

Pengamat nilai Airlangga punya modal besar untuk ikut kontestasi Pilpres 2024.

Rep: Rizkyan Adiyudha/ Red: Bayu Hermawan
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto
Foto: ANTARA/Fransisco Carolio/Lmo/aww.
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Analis politik dari Universitas Islam Syekh Yusuf Tangerang, Adib Miftahul, menilai safari politik yang dilakukan Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto untuk membuka jalan menuju panggung 2024. Dia mengatakan bahwa Airlangga memiliki modal besar untuk mengikuti kontestasi 2024.

Dia mengatakan, Airlangga diketahui telah bertemu dengan bertemu Ketua DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Puan Maharani, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar. Airlangga juga bertemu Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

Baca Juga

"Pesan politiknya jelas, (pertemuan dengan elite politik) demi menjalin sinergitas dan penetrasi menuju 2024," kata Adib dalam keterangan, Selasa (5/10)

Direktur Eksekutif Kajian Politik Nasional (KPN) itu mengatakan, sebagai Ketua Umum DPP Partai Golkar, Airlangga memiliki modal kuat untuk mengikuti kontestasi 2024. Dia menilai, safari politik yang dilakukan menteri koordinator perekonomian itu untuk merajut kekuatan.

Adib mengatakan, Airlangga sebagai Ketua Umum Partai Golkar bisa masuk ke semua kalangan. Dia menyebutkan kalau mantan menteri perindustrian itu akan minim penolakan dari kalangan agamis.

Adib menilai Partai Golkar di bawah pimpinan Airlangga bisa membentuk poros baru menjelang kontestasi 2024. Menurutnya, koalisi dengan Puan Maharani dan Muhaimin Iskandar akan menjadi poros koalisi yang sangat diperhitungkan.

"Sosok seperti Airlangga, nasionalis, bisa diterima dengan baik. Airlangga juga punya kendaraan partai yang begitu besar, bisa masuk ke lini manapun, seperti tokoh elite negeri ini," katanya.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement