29 Kasus Positif Covid-19 Ditemukan di Empat Klaster PON XX

Pasien Covid-19 klaster PON XX Papua rata-rata mengalami gejala ringan hingga OTG.
Pasien Covid-19 klaster PON XX Papua rata-rata mengalami gejala ringan hingga OTG.
Foto: ANTARA/Siswowidodo

REPUBLIKA.CO.ID, JAYAPURA -- Satuan Tugas (satgas) Pencegahan dan Penanganan (SGPP) COVID-19 Papua menyatakan, saat ini tercatat 29 kasus ditemukan di empat klaster PON XX. Kasus positif COVID-19 pertama ditemukan di Timika, yakni sebelum pembukaan pertandingan cabang olahraga PON XX Papua. 

Jubir SGPP COVID-19 Papua dr Silwanus Sumule, Selasa (5/10) malam, mengatakan, ke-29 orang yang terpapar itu terdiri atas atlet, ofisial dan panitia pelaksana (panpel). Adapun penyebaran 29 orang yang positif COVID-19, yaitu 13 orang di Timika, tujuh orang di Kabupaten Jayapura, enam orang di Kota Jayapura dan tiga orang di Merauke. Dari laporan yang diterima rata-rata mereka bergejala ringan bahkan ada yang tanpa gejala (OTG).

Baca Juga

"Seluruhnya sudah divaksin di daerahnya sebelum datang ke Papua untuk mengikuti PON XX," ujar Sumule.

Ia menambahkan, saat ini mereka menjalani isolasi di tempat-tempat yang sudah disediakan Pemda setempat, termasuk di isolasi terpusat terapung yang ada di KM Tidar untuk Jayapura dan KM Sirimau di Merauke.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Jayapura, dr Nyoman Antari, mengatakan, keenam atlet PON XX yang positif itu berasal dari DKI Jakarta dua orang, Sumut, NTT dan Kaltim masing-masing satu orang. Atlet-atlet yang positif COVID-19 itu saat ini ada yang dirawat di isolasi terpusat terapung KM Tidar dan RS Provita.

"Saat ini KM Tidar menangani tiga orang yang positif COVID-19 termasuk dua atlet yang mengikuti PON XX," ujar Nyoman.

Komentar

Terkait


Pemain Jawa Timur Rendy Febrian Tammilang melakukan smash ke arah sisi lapangan tim Jawa Tengah saat penyisihan grup Bola Voli Putra PON XX Papua di GOR Voli Indoor Koya Koso, Kota Jayapura, Papua, Selasa (05/10/2021). Laga ini dimenangkan tim Jawa Tengah dengan skor 25-19, 23-25, 20-25,18-25.

Voli Putra Jateng Lolos Empat Besar Usai Singkirkan Jatim

Petenis putri DKI Jakarta Fitriani Sabatini.

Cuaca Panas Buat Kaki Fitriani Sabatini Melepuh

Satgas Prokes membagikan masker kepada warga yang mengantre untuk masuk menyaksikan pertandingan cabang olahraga futsal PON XX Papua di Gor SP 2, Kabupaten Mimika, Jumat (1/10/2021).

Atlet Langgar Sistem Bubble PON akan Disanksi

Atlet taekwondo Papua Glorya Rinny Keleyan (kedua kiri) bersama atlet taekwondo Jawa Tengah Tsamarah Tsabitah (kiri), atlet taekwondo Kalimantan Timur Mariska Halinda (kedua kanan) dan atlet taekwondo Riau Hanifah Safitri (kanan) menunjukkan medalinya usai seremoni penyerahan medali  Taekwondo kategori Kyorugi kelas under 53 Kg  putri PON Papua di GOR Politeknik Penerbangan Kayu Batu, Kota Jayapura, Papua, Selasa (5/10/2021). Glorya meraih medali emas, sementara Tsamarah meraih medali perak, medali perunggu diraih Mariska dan Hanifah.

Taekwondoin Glorya Rinny Ukir Sejarah Baru Saat Rebut Emas

Menpora Zainuddin Amali (kedua kanan bawah) menyerahkan medali emas kepada tim senam artistik putri DKI Jakarta saat Upacara Penghormatan Pemenang (UPP) senam artistik putri PON Papua (ilustrasi).

Menpora Apresiasi Ketaatan Prokes dalam PON Papua

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

Ikuti

× Image