Selasa 05 Oct 2021 22:15 WIB

Kudus Siapkan Mobil Vaksinasi Genjot Vaksinasi Lansia

Capaian vaksinasi lansia di Kudus baru mencapai 27,4 persen.

Kudus Siapkan Mobil Vaksinasi Genjot Vaksinasi Lansia
Foto: ANTARA/Harviyan Perdana Putra/aww.
Kudus Siapkan Mobil Vaksinasi Genjot Vaksinasi Lansia

REPUBLIKA.CO.ID, KUDUS -- Pemerintah Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, menyiapkan dua mobil khusus vaksinasi Covid-19 untuk meningkatkan cakupan vaksinasi khususnya terhadap kelompok lanjut usia (lansia) yang capaiannya hingga saat ini masih rendah.

"Capaian vaksinasi khusus lansia dengan usia 60 tahun hingga kini baru mencapai 27,4 persen, sedangkan syarat bisa tetap bertahan di PPKM level 2 minimal sebesar 40 persen. Kami akan meningkatkannya dengan cara melakukan vaksinasi keliling menggunakan mobil khusus vaksinasi," kata Bupati Kudus Hartopo, Selasa (5/10).

Baca Juga

Ia mengungkapkan penyebab masih rendahnya capaian vaksinasi lansia, salah satunya karena banyak yang belum memiliki KTP dan faktor penyebab lainnya yang segera harus dicarikan solusianya. Untuk itulah, kata dia, selain disediakan dua mobil vaksinasi untuk bisa menjangkau kelompok lansia yang dimungkinkan terhambat jarak dan kesempatan mengunjungi lokasi vaksinasi, nantinya yang belum ber-KTP juga akan diupayakan divaksinasi terlebih dahulu kemudian baru dibuatkan KTP.

Permasalahan KTP kelompok lansia juga sudah dikoordinasikan dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kudus, kemungkinan mengambil kebijakan pengurusan KTP setelah mereka menjalani vaksinasi Covid-19. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus Badai Ismoyo menambahkan berdasarkan data vaksinasi per 4 Oktober 2021 capaian vaksinasi untuk kelompok lansia dengan target sasaran 71.096 orang, untuk dosis pertama 19.489 orang atau 27,4 persen, sedangkan dosis kedua 10.849 sasaran atau 15,3 persen.

Berdasarkan Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 47/2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 4, Level 3, Level 2, dan Level 1 Covid-19 di Wilayah Jawa dan Bali disebutkan Kabupaten Kudus naik peringkat ke level 3 dari sebelumnya level 2.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement