Lima Atlet DKI yang Berlaga di PON Terpapar Covid-19

logo PON XX Papua
logo PON XX Papua
Foto: Istimewa

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Koordinator Dokter Kontingen DKI Jakarta, Junaidi menyatakan total ada lima atlet DKI yang berkompetisi pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XX/2021 di Papua, terpapar COVID-19.

"Di Timika ada tiga orang, di Jayapura ada dua," kata Junaidi saat dihubungi di Jakarta, Selasa (5/10).

Junaidi mengatakan atlet yang terpapar, terdiri dari cabang olahraga sepatu roda, sofbal, basket serta judo.

Untuk atlet yang di Jayapura, dikatakan Junaidi, diisolasi di rumah sakit swasta dan atlet yang di Timika menjalani isolasi di RSUD Timika.

"Ada beberapa atlet dari daerah lain yang terpapar juga. Dinas Kesehatan Papua masih bingung dari mana mereka terpaparnya.”

“Mereka juga sudah lama di sini, tidak mungkin dari Jakarta terpaparnya, cuma di sini mereka ke mana. Itu masalahnya," tutur Junaidi.

Junaidi mengatakan atlet DKI Jakarta yang terpapar memiliki "cycle threshold value" (CT Value) yang rendah, sehingga khawatir terpapar varian baru.

"CT-nya, jadi kita di Papua curiga, termasuk Dinas Kesehatan Papua juga, ada varian baru yang ada di sini karena melihat dari CT yang terendah," ungkap Junaidi.

Sementara itu, Kepala Bidang Pencegahan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan DKI Jakarta Dwi Oktavia mengatakan, Dinas Kesehatan akan melakukan pelacakan (tracing) terhadap kontingen DKI Jakarta di PON XX Papua yang sudah berada di Jakarta.

Tracing akan dilakukan berkaitan dengan temuan lima atlet DKI Jakarta yang terpapar COVID-19 saat hendak pulang ke Jakarta.

"Kami sedang berkoordinasi dengan KONI DKI, jadi prinsipnya sama seperti kami menemukan kasus positif, pasti kontak erat (akan) di-tracing, lalu dihubungi dan dipantau," kata Dwi saat dihubungi melalui telepon.

Dwi mengatakan, kemungkinan kontak erat terjadi antara atlet yang terkonfirmasi positif dengan atlet yang sudah pulang ke Jakarta.

Untuk itu, dia meminta agar semua atlet bisa melakukan isolasi mandiri hingga masa inkubasi selesai dalam dua pekan.

"Harus karantina secara mandiri dan pastikan bisa terhubung pada saat dihubungi petugas kesehatan untuk di-tracing. Bisa kooperatif, bisa komunikasi dengan lancar," ucap dia.

Komentar

Terkait


Sejumlah pesepak takraw putri DKI Jakarta menggigit medali emasnya pada upacara pengalungan medali usai pertandingan final ganda putri beregu Sepak Takraw PON Papua melawan Jawa Timur di GOR Trikora Universitas Cenderawasih, Jayapura, Papua, Rabu (29/9/2021). Ganda putri beregu DKI Jakarta berhasil menang atas Jawa Timur dengan skor 2-1 (21-15, 15-21, 21-14), (15-21, 21-18, 19-21), dan (21-18, 21-19).

Jalan Panjang 14 Tahun Takraw DKI Meraih Emas

Para Pemenang Cabang Olahraga Catur Kilat Perorangan Putri. Emas- Chelsie Monica Sihite ( Kalimantan Timur ), Perak - Irene Kharisma Sukandar ( Jawa Barat ). Perunggu - Theodora Walukow ( DKI Jakarta ) bertempat di Ballroom Swiss Bell Hotel Jl Raya Mandala no 53. Merauke. Selasa (5/10).

Chelsie Monica Raih Emas Catur Kilat PON Papua

Pelari Indonesia Emilia Nova (kedua kanan) melompati rintangan Lomba Lari Gawang 100 Meter Putri SEA Games ke-30 di Stadion Atletik New Clark, Filipina, Senin (9/12)

Emilia Nova tak Terbendung Raih Emas 100 Meter Gawang Putri

Ilustrasi. Dua orang pekerja tengah memotong pohon sagu. Ulat atau larva dari kumbang merah kelapa (Rhynchophorus ferrugenesis) yang kerap bertelur di pucuk pohon sagu.

Ulat Sagu: Kuliner Khas Papua, Rasanya Mirip Ikan Salmon

Warga menyaksikan Upacara Pembukaan PON Papua di stadion Lukas Enembe, Kompleks Olahraga Kampung Harapan, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura Papua, Sabtu (2/10). Presiden Republik Indonesia Joko Widodo resmi membuka gelaran PON Papua yang berlangsung hingga 15 Oktober 2021 mendatang. PON Papua mempertandingkan 56 cabang olahraga dengan diikuti sebanyak 6.442 atlet. Republika/Thoudy Badai

Raih 32 Emas PON, Papua Cetak Sejarah

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

Ikuti

× Image