Selasa 05 Oct 2021 14:38 WIB

Tumpahan Minyak di Pantai Kalifornia Bunuh Ikan dan Burung

Penjaga Pantai Amerika Serikat (AS) masih menyelidiki penyebab pasti tumpahnya minyak

Rep: Fergi Nadira/ Red: Christiyaningsih
Petugas membersihkan Pantai Huntington di Kalifornia akibat tumpahan minyak, 4 Oktober 2021.
Foto: EPA/Etienne Laurent
Petugas membersihkan Pantai Huntington di Kalifornia akibat tumpahan minyak, 4 Oktober 2021.

REPUBLIKA.CO.ID, KALIFORNIA - Tumpahan minyak di lepas pantai Kalifornia menyebabkan ikan dan burung mati. Lahan basah di sekitar pantai juga turut terkontaminasi.

Penjaga Pantai Amerika Serikat (AS) masih menyelidiki penyebab pasti tumpahnya minyak. Diperkirakan 126 ribu galon atau 3.000 barel telah menutupi sekitar 13 mili persegi samudra pasifik.

Baca Juga

Wali Kota Huntington Beach, Kim Carr, mengatakan minyak tumpah pada Sabtu pagi waktu setempat. Dia menyebut tumpahan itu sebagai bencana lingkungan hingga berpotensi menjadi bencana ekologis.

Kota tepi pantai, sekitar 65 kilometer selatan Los Angeles, menanggung beban terberat dari tumpahan tersebut. "Lahan basah kami sedang terdegradasi dan sebagian dari garis pantai kami sekarang tertutup minyak," ujar Carr.

Tumpahan itu disinyalir disebabkan oleh retakan yang terhubung ke anjungan minyak Elly dan membentang dari Dermaga Pantai Huntington hingga ke Pantai Newport. Departemen Ikan dan Margasatwa Kalifornia memerintahkan penutupan perikanan untuk wilayah pesisir yang terkena dampak tumpahan.

Penutupan akan meluas dari Pantai Huntington ke Dana Point untuk wilayah pesisir dan akan diperpanjang hingga enam mil dari titik pesisir untuk wilayah lepas pantai. Carr mengatakan pipa minyak itu dioperasikan oleh Beta Offshore, anak perusahaan Kalifornia dari Amplify Energy Corporation yang berbasis di Houston.

"Dalam beberapa hari dan pekan mendatang kami menantang pihak-pihak yang bertanggung jawab untuk melakukan segala kemungkinan untuk memperbaiki bencana lingkungan ini," kata Carr.

CEO Amplify Energy Martyn Willsher mengatakan pada konferensi pers di Long Beach bahwa pipa telah dimatikan dan minyak yang tersisa disedot keluar. Dia menjelaskan penyelam masih berusaha untuk menentukan di mana dan mengapa tumpahan itu terjadi.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement