Selasa 05 Oct 2021 13:14 WIB

WhatsApp dan Instagram Gangguan, Ini Jawaban Facebook

WhatsApp dan Instagram sempat tak bisa diakses selama enam jam.

WhatsApp dan Instagram sempat tak bisa diakses selama enam jam.
Foto: EPA-EFE/IAN LANGSDON
WhatsApp dan Instagram sempat tak bisa diakses selama enam jam.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Facebook mengeluarkan pernyataan mengenai penyebab gangguan layanan, termasuk WhatsApp dan Instagram. Pihak Facebook menyatakan terdapat gangguan terkait perubahan konfigurasi router yang bertugas mengatur lalu lintas di pusat data. Gangguan ini berdampak ke seluruh pengguna di dunia.

"Kami meminta maaf untuk semua orang yang terdampak dan kami berusaha memahami lebih dalam tentang apa yang terjadi hari ini supaya kami bisa terus memperkuat infrastruktur kami," tulis Facebook di laman resmi mereka, dikutip Selasa (5/10).

Baca Juga

Layanan Facebook, Instagram dan WhatsApp di seluruh dunia padam hampir selama enam jam. Saat ini, layanan sudah kembali pulih.

Chief Technology Officer Facebook, Mike Schroepfer melalui akun Twitter menyatakan mungkin akan butuh waktu sampai layanan mereka pulih 100 persen. Hasil penelurusan tim Facebook mengungkapkan bahwa gangguan terjadi karena perubahan konfigurasi pada router utama yang bertugas mengatur lalu lintas pada pusat data atau data center.

Perubahan konfigurasi ini secara berjenjang menyebabkan perubahan pada pola komunikasi pusat data. Akibatnya, layanan Facebook terhenti.

"Kami ingin memperjelas bahwa kami yakin akar pemadaman ini karena kesalahan perubahan konfigurasi. Kami tidak memiliki bukti bahwa data pengguna disusupi akibat pemadaman ini," tulis Facebook.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement