Selasa 05 Oct 2021 11:11 WIB

Dosen UBSI Latih Bahasa Inggris Pemuda Depok

Kemampuan bahasa Inggris sekarang, menjadi modal utama dalam belajar dan usaha

Program Studi (prodi) Bahasa Inggris, Fakultas Komunikasi dan Bahasa (FKB), Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) sukses menyelenggarakan pengabdian masyarakat dengan tema ‘Workshop Improving Speaking Skill for Teenagers’, pada Sabtu (25/9) silam
Foto: istimewa
Program Studi (prodi) Bahasa Inggris, Fakultas Komunikasi dan Bahasa (FKB), Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) sukses menyelenggarakan pengabdian masyarakat dengan tema ‘Workshop Improving Speaking Skill for Teenagers’, pada Sabtu (25/9) silam

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK--Program Studi (prodi) Bahasa Inggris, Fakultas Komunikasi dan Bahasa (FKB), Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) sukses menyelenggarakan pengabdian masyarakat dengan tema ‘Workshop Improving Speaking Skill for Teenagers’, pada Sabtu (25/9) silam. Kegiatan ini digelar di Yayasan Darussalam Rt 04/020 Kelurahan Baktijaya, Depok. 

Beberapa dosen yang terdiri dari Nurmala Dewi, Chodijah, Dadan Hidayat, Lia Nurmalia dibantu oleh mahasiswa memberikan materi berupa pengenalan aplikasi pembelajaran seperti google classroom, Edmodo, zoom, dan pelatihan bahasa inggris kepada remaja Yayasan Darussalam. Dadan Hidayat selaku pemateri mengungkapkan bahwa pelatihan bahasa inggris ini dilakukan untuk mengukur sejauh mana kemampuan para remaja dalam membuat teks daily activities. 

“Kemampuan bahasa Inggris sekarang, menjadi modal utama dalam belajar, apalagi bahasa satu ini digunakan sebagai bahasa Internasional. Untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris para remaja Yayasan Darussalam, kita mengajak para remaja untuk membuat teks daily activities,” ujarnya dalam keterangan pers, Selasa (5/10). 

Lebih lanjut, ia menjelaskan Daily Activities merupakan cerita sehari-hari atau kegiatan sehari-hari, mulai dari pagi hingga malam atau sejumlah aktivitas yang dilakukan. Dalam membuat daily activities harus mengetahui dulu grammar yang akan digunakan dan sesuai dengan format simple present tense, baik dalam kalimat negatif ataupun positif. 

“Tidak hanya mengajarkan cara membuat teks daily activities, kegiatan ini juga mengajarkan bagaimana para remaja membicarakan aktivitas rutinnya dalam berbahasa inggris atau speaking daily activities. Melatih kemampuan berbicara bahasa inggris, dapat dilakukan dari mulai menonton film berbahasa inggris, membaca buku, berlatih di depan cermin, atau berlatih langsung didepan teman,” imbuhnya. 

Mengajak teman berbicara dalam bahasa Inggris secara rutin juga dapat meningkatkan kemampuan bicara. Cara ini lebih efektif bagi remaja yang merasa minder jika berbicara didepan umum, namun memiliki tekad yang kuat untuk belajar berbicara bahasa inggris. 

“Semoga dengan adanya kegiatan ini, semakin meningkatkan kemampuan speaking bagi remaja Yayasan Darussalam Depok, karena berbahasa inggris yang lancar memiliki banyak keuntungan salah satunya memiliki karir cemerlang dimasa depan,” tuturnya. 

 

 

 

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement