Selasa 05 Oct 2021 11:11 WIB

Sandi Ajak Pelaku Ekraf Kota Depok Inovatif Ciptakan Produk

Konten kreatif dapat menjadi sarana promosi strategis untuk meningkatkan pemasaran.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno.
Foto: Istimewa
Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno.

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengajak pelaku usaha ekonomi kreatif (ekraf) di Kota Depok, berinovasi dengan membuat konten kreatif di platform digital. Hal itu untuk menunjang pemasaran produk.

"Pelaku ekonomi kreatif di Depok harus bisa meningkatkan keterampilannya dengan menciptakan konten-konten menarik di platform digital. Sehingga, upaya ini bisa turut meningkatkan penjualan," ujar Menparekraf dalam acara 'Kobar (Kongkow Bareng) Sandi Uno' dengan pelaku ekraf dan digital Kota Depok secara virtual dalam keterangannya di Kota Depok, Jawa Barat, Senin (4/10).

Dia menyatakan, Kemenparekraf telah menyusun sejumlah strategi, mulai dari bantuan permodalan hingga pelatihan keterampilan, khususnya digitalisasi usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang meliputi penjualan daring hingga pembuatan konten kreatif. Pasalnya, konten kreatif dapat menjadi sarana promosi strategis untuk meningkatkan pemasaran berbagai produk ekraf.

"Upaya yang kita lakukan di Kemenparekraf berkesinambungan dengan tren global saat ini, yaitu industri digital. Nanti ada pelatihan di Kedeputian Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif untuk membuat konten-konten yang menarik, termasuk juga ada film dan dokumenter," kata eks wakil gubernur DKI Jakarta itu.

Melalui pengembangan ekonomi kreatif, Sandi berharap, dapat membangkitkan rasa optimistis serta membuka lapangan pekerjaan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Depok. Dia turut mengapresiasi acara 'Kongkow Bareng Sandi Uno' yang ditargetkan bisa membangkitkan semangat para pelaku ekraf untuk mengembangkan usahanya.

"Saya berharap agar kegiatan ini membangkitkan semangat kita, semangat stakeholders (para pemangku kepentingan) semua, karena potensi pelaku ekonomi kreatif di Depok ini memiliki tingkat keberagaman tinggi," ucap Sandi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement