Selasa 05 Oct 2021 10:37 WIB

Windows 11 Resmi Dirilis, Cek Apa Saja yang Baru

Windows 11 dirilis sebagai upgrade gratis untuk pengguna Windows 10.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Dwi Murdaningsih
Menu Start WIndows 11
Foto: microsoft
Menu Start WIndows 11

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Windows 11, versi terbaru dari sistem operasi komputer Microsoft, diluncurkan di seluruh dunia pada hari Selasa (5/10). Windows 11 dirilis sebagai upgrade gratis untuk pengguna Windows 10.

Chief product officer Windows, Panos Panay, mengatakan bahwa versi terbaru dibuat agar bersih dan segar dan lebih sederhana bagi pengguna. Dia berjanji bahwa sistem operasi baru ini akan mudah digunakan bahkan bisa digunakan oleh orang yang paling tidak paham teknologi sekalipun.

 

"Ayah saya 89 tahun, saya sangat senang dia menekan tombol itu dan upgrade, bukan karena dia ayahku, karena aku hanya ingin ini mudah baginya."kata Panay, dilansir di BBC, Selasa (5/10).

 

Dia mengatakan pengguna ahli telah mengujinya secara ekstensif melalui program uji coba Window's Insider dan yakin tidak akan ada masalah. Ia menambahkan bahwa upgrade telah siap sekarang.

 

Windows 11 memiliki beberapa perubahan desain yang signifikan, bersama dengan beberapa perubahan tentang cara kerja sistem di bawahnya.

 

photo
Menu Start WIndows 11 - (microsoft)

 

Untuk Windows 11, tombol Start ada di tengah layar

 

Secara default, menu Start dipusatkan di layar, bersama dengan ikon di taskbar. Saat diklik, tombol Start membuka menu aplikasi yang sering digunakan.

 

Dalam beberapa hal, ini meniru tampilan menu atau peluncur aplikasi ponsel cerdas. Microsoft juga telah menghilangkan 'tiles' yang ada di menu mulai Windows 10.

 

Panay mengatakan tim telah belajar dari Windows 8, yang menyingkirkan menu start sepenuhnya, mengecewakan banyak pengguna. "Anda belajar dari itu, tentu saja, dan kemudian Anda beradaptasi," katanya.

 

Mengembangkan antarmuka Windows 11 melibatkan pengamatan bagaimana orang menggunakan komputer mereka. "Apa yang ingin mereka klik, di mana mata mereka tertuju pada mesin ketika mereka datang ke lab kami," jelasnya.

 

 

photo
Widget di Windows 11 - (microsoft)

 

Widget, nilai jual utama Windows Vista 2007, juga muncul kembali. Tetapi alih-alih 'mengambang' di layar tempat pengguna meletakkannya, widget tinggal di bilah sisi di sebelah kiri, dan juga terhubung ke layanan Microsoft.

 

Beberapa perubahan lebih dalam dari antarmuka dan desain. Integrasi sistem untuk Microsoft Teams, menggantikan Skype, dan aplikasi Xbox keduanya sangat menonjol dalam iklan Microsoft.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement