Wednesday, 30 Zulqaidah 1443 / 29 June 2022

Founder Drone Emprit: Hoaks 6 Kali Lebih Cepat Menyebar

Selasa 05 Oct 2021 10:15 WIB

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Reiny Dwinanda

Hoaks soal vaksin Covid-19 (Ilustrasi). Founder Drone Emprit, Ismail Fahmi, menyebut, kelompok masyarakat yang netral terhadap vaksin dekat dengan grup antivaksin.

Foto:
Founder Drone Emprit mengingatkan perlunya upaya mengkonter hoaks.

 

Sementara itu, Ketua Umum Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI), dr. Ede Surya Darmawan SKM MDM mengatakan, masyarakat mudah memercayai hoaks kesehatan karena mencari rujukan di media sosial. Tak jarang, orang tidak menelusuri latar belakang keilmuan dari pihak yang menjadi sumber informasinya.

photo
Tiga hoaks terbaru soal vaksinasi Covid-19 - (Republika)

Di samping itu, orang cenderung memiliki emosi untuk segera menyebarkannya ketika informasi itu sesuai dengan kebutuhannya. Ede mengatakan, penguatan peran edukasi itu harus didukung semua pihak dengan konsisten dan komitmen.

"Kalau pemerintah tak jelas, maka masyarakat akan mengatakan, ‘Ini kita berpegangan kemana'. Mereka akan berpegangan ke yang terdekat memberi informasi (yang ternyata hoaks)," kata Ede.

Berdasarkan data Hoax Buster, Ede mengatakan, hampir setiap hari ada empat hoaks Covid-19 yang beredar di media sosial. Dia menyarankan semua tenaga kesehatan dan pihak terkait harus mendukung edukasi kepada masyarakat.

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA