Monday, 22 Syawwal 1443 / 23 May 2022

Tiga Italiano Ini Susul Claudio Ranieri ke Watford

Selasa 05 Oct 2021 08:47 WIB

Rep: Frederikus Bata/ Red: Endro Yuwanto

Claudio Ranieri.

Claudio Ranieri.

Foto: EPA-EFE/LUCA ZENNARO
Ranieri memiliki para staf berpengalaman untuk mengangkat performa Watford.

REPUBLIKA.CO.ID, WATFORD -- Watford FC sudah mengumumkan kerja sama dengan Claudio Ranieri. Setelah itu, ada tiga nama baru yang bakal mendampingi sang juru taktik.

Paolo Benetti dan Carlo Cornacchia sebagai asisten Ranieri. Berikutnya, Carlo Spignoli bertugas menangani kebugaran. Sama seperti Ranieri, ketiganya juga berasal dari Italia. Mereka mengikuti jejak pelatih tersebut, selama bertahun-tahun.

Benetti telah menjadi asisten Ranieri sejak 2007 lalu. Pertama kali mereka sama-sama berada Juventus.

"Sejak saat itu, ia bertugas di backroom AS Roma, Inter Milan, AS Monaco, tim nasional Yunani, Leicester City, FC Nantes, Fulham, dan Sampdoria," demikian laporan yang dikutip dari situs resmi Watford FC, Selasa (5/10).

Kemudian Cornachia terlebih dahulu malang-melintang di Amerika Selatan selama 12 tahun. Setelahnya ia bergabung dalam tim Ranieri. Dimulai dari Nantes, Fulham, Roma, dan Sampdoria.

Spignoli memulai karier sebagai pelatih kebugaran di Cagliari, Bologna, dan Sassuolo. Pada 2012 lalu ia pindah ke Monaco. Ia turut berjasa mengantarkan klub tersebut memenangkan Ligue 1 Prancis dan menembus semifinal Liga Champions.

Artinya, Ranieri memiliki para staf berpengalaman. Mereka sudah saling memahami. Itu karena relasi yang terjalin cukup lama, baik di level profesional maupun secara personal.

Ini modal berharga untuk kembali mengangkat Watford. Sebelumnya, dalam tujuh pertandingan Liga Primer Inggris musim ini, the Hornets cuma mengoleksi dua kemenangan. Sisanya mereka merasakan empat kekalahan, dan satu partai berkesudahan imbang.

Pihak klub bergerak cepat. Mereka memecat Xisco Munez. Ranieri pun didatangkan.

Eks juru taktik Leicester City itu, pelatih ke-14 Watford dalam 10 tahun terakhir. Tugas berat menantinya. Usai jeda internasional, pasukannya berhadapan dengan Liverpool.

Ranieri memiliki segudang pengalaman di Inggris. Sebelum menangani the Hornets, ia pernah membesut Chelsea, membawa Leicester juara, dan mengarsiteki Fulham. Ia akan berada di Vicarage Road selama dua tahun ke depan.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA