Penonton PON Papua Masih Ada yang Lalai Jalankan Prokes

Prokes PON XX Papua.
Prokes PON XX Papua.
Foto: Republika

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua resmi dibuka langsung oleh Presiden RI Joko Widodo sejak Sabtu (2/10) lalu. Animo masyarakat sangat tinggi dalam menyaksikan pertandingan yang disajikan pihak penyelenggara.

Perbedaan yang cukup terlihat, terjadi pada venue sepak bola putra. Hal ini terlihat dari jumlah penonton yang hadir di Stadion Mandala, Jayapura, sekitar 5.000 penonton. Ini mengingat jumlah penonton yang diperbolehkan pada masa pandemi, yakni sekitar 25 persen dari Stadion Mandala yang mampu menampung sekitar 20 ribu penonton.

Penebalan dan penguatan protokol kesehatan (prokes) juga telah dilakukan oleh Subsatgas Prokes Kota Jayapura dalam mengerahkan relawan prokes dan jumlah masker yang diperbanyak di lokasi Stadion Mandala, Jayapura, Senin (4/10) kemarin.

Salah satu penonton, Hamzah Hasan, tak memungkiri dirinya terkadang masih suka kurang disiplin dalam menggunakan masker. Namun, relawan prokes yang berada di lokasi venue mengingatkan secara sopan dan segera membagikan masker untuk digunakan.

"Dengan adanya pembagian masker ini saya bersyukur sekali. Saya tadi sebenarnya lupa (pakai masker) karena kadang-kadang saya pakai, kadang tidak," ujar Hamzah yang menyaksikan pertandingan di Stadion Mandala dalam keterangan tertulis, Selasa (5/10).

Hamzah mengatakan, dirinya berterima kasih dengan pembagian masker dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). "Saya berterima kasih sekali dengan pembagian masker gratis ini dari BNPB," jelasnya.

Baca juga : Ketua Satgas Covid-19 Ingatkan Prokes Selama PON Papua

Tak lupa Hamzah menitipkan pesan kepada seluruh masyarakat yang hendak menyaksikan pertandingan untuk selalu sama-sama menjaga diri. "Saya mengingatkan kepada para penonton, sama-sama menjaga diri. Semoga ini (protokol kesehatan) tetap berjalan baik," kata dia.

Selama pertandingan berlangsung jumlah penonton akan meningkat secara drastis apabila tim tuan rumah bertanding. Akan tetapi panitia penyelenggara akan selalu melakukan screening di pintu masuk stadion dan membatasi jumlah penonton sesuai dengan kapasitas Stadion Mandala pada masa pandemi.

Sementara itu, BNPB melalui Subsatgas Prokes Kota Jayapura juga terus melakukan upaya peningkatan disiplin protokol kesehatan. Hingga saat ini Subsatgas Prokes Kota Jayapura telah membagikan masker sebanyak 266.000 yang tersebar di venue yang menyelenggarakan pertandingan.

PON Papua berlangsung pada 2-15 Oktober 2021 dengan mempertandingkan 37 cabang olahraga yang dibagi pelaksanaannya di empat daerah, yakni Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Mimika, dan Merauke.

Meski baru dibuka pada 2 Oktober kemarin, ada beberapa cabang olahraga yang sudah memulai jalannya kompetisi dan perebutan medali sejak pertengahan September lalu.

Baca juga : Terlanjur Sudah Diumumkan, Jadwal Rugby7 PON Tetap Diundur

Komentar

Terkait


Wakil Ketua Komisi VIII DPR Ace Hasan Syadzily

Pembahasan RUU PB akan Dihentikan Jika Deadlock

Perayaan Maulid dalam situasi pandemi Covid 19, (ilustrasi)

Kaum Muslim Diminta Rayakan Maulid Nabi dengan Taati Prokes

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta, Dwi Oktavia.

Dinkes: Kasus Covid Atlet DKI Belum Dipastikan Varian Baru

Anggota Brimob pengawal Kontingen DKI Jakarta (ki-ka), Rizaldi, Ririn Dwi Utomo, dan Yudha Nugraha.

Kisah Prajurit 'Pengawal' DKI yang Ikut Bantu Perbekalan

logo PON XX Papua

Lima Atlet DKI yang Berlaga di PON Terpapar Covid-19

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

Ikuti

× Image