Tuesday, 20 Rabiul Awwal 1443 / 26 October 2021

Tuesday, 20 Rabiul Awwal 1443 / 26 October 2021

Ratusan Inovasi Mahasiswa Teknik UMM Dipamerkan di Mexpo

Selasa 05 Oct 2021 04:12 WIB

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah

Program Studi (prodi)Teknik Mesin Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) menggelar Mechanical Engineering Expo (Mexpo), Senin (4/10).

Program Studi (prodi)Teknik Mesin Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) menggelar Mechanical Engineering Expo (Mexpo), Senin (4/10).

Foto: dok. Humas UMM
Mexpo 2021 memamerkan lebih dari 100 alat inovasi Teknik Mesin UMM

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Program Studi (prodi)Teknik Mesin Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) menggelar Mechanical Engineering Expo (Mexpo), Senin (4/10). Kegiatan ini memamerkan lebih dari seratus alat dan mesin yang sudah dirancang oleh mahasiswa maupun dosen UMM.

Ketua Pelaksana Mexpo, Nur Hasanah menjelaskan, event ini sebenarnya bertujuanuntuk memperlihatkan hasil penelitian dan rancangan alat dari mahasiswa dan dosen. "Expo ini saya rasa menjadi kegiatan pertama dari Teknik Mesin untuk menunjukkan berbagai karya-karya, baik itu produk Pekan Kreatifitas Mahasiswa (PKM), penelitian maupun lomba-lomba,” katanya dalam siaran pers yang diterima Republika, Senin (4/10).

Menurut Nur Hasanah, kegiatan expo dilaksanakan sebagai pemenuhan IKU 5 yang ada di PKKM. Selain pameran, skema ini nantinya juga akan mendaftarkan beberapa produk terpilih untuk mendapatkan HaKI. Dia yakin para mahasiswa masih memiliki energi yang melimpah dan luar biasa sehingga Mexpo hadir untuk menjadi wadah yang bagus.

Sementara itu, Wakil Rektor I UMM Profesor Syamsul Arifin menilai, Mexpo merupakan tradisi akademik yang bagus. Hal itu tidak lepas dari adanya unsur kreatifitas di dalamnya. Meski begitu, ia juga mengatakan tidak hanya menciptakan saja tapi sivitas akademika UMM harus memberikan inovasi baru yang lebih baik.

“Apalagi jika inovasi tersebut dapat menyerang dan menggoyahkan inovasi yang sudah ditemukan sebelumnya. Hal itu tentu menjadi capaian yang luar biasa,” ungkapnya.

Syamsul berharap, kegiatan ini bisa dilanjutkan di kemudian hari sekalipun jika tidak ada program semacam PKKM. Sebab, program hanya stimulan agar tiap universitas dan prodi bisa semakin berinovasi dan melaksanakan kegiatan yang bermanfaat.

Pada Mexpo tersebut panitia juga sudah menyiapkan berbagai penampilan untuk mengiringi. Di samping itu, prodi Teknik Mesin juga menyiapkan berbagai apresiasi dana pembinaan untuk tim Mekatronik, Robotik serta pemenang-pemenang PKM.

Adapun beberapa karya menarik yang patut dilihat adalah kapal cepat tak berawak, robot yang menjuarai kompetisi dunia, mobil hemat energi, robot pemadam api, produk project design team serta karya menarik lainnya. 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA