Selasa 05 Oct 2021 07:31 WIB

Pura Mangkunegaran Solo Direnovasi Sampai Akhir Tahun

Selama perbaikan, untuk sementara semua kegiatan di Pura Mangkunegaran ditiadakan.

Rep: Binti Sholikah/ Red: Fuji Pratiwi
Pendopo Ageng Pura Mangkunegaran di Solo, Jawa Tengah. Pura Mangkunegaran menjalani renovasi hingga akhir tahun ini.
Foto: Republika/Binti Solikah
Pendopo Ageng Pura Mangkunegaran di Solo, Jawa Tengah. Pura Mangkunegaran menjalani renovasi hingga akhir tahun ini.

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Pura Mangkunegaran di Solo, Jawa Tengah, sedang menjalani renovasi yang ditargetkan selesai akhir tahun. Selama masa perbaikan, segala macam kegiatan ditiadakan untuk sementara di istana yang dibangun pada 1757 tersebut.

Putra KGPAA Mangkunegara IX, Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo, mengatakan, proses renovasi sejauh ini berjalan dengan baik.

Baca Juga

"Kami tahun ini fokus untuk perawatan terutama di area dalam, di pendopo, di perpustakaan, dan sebagainya. Jadi berjalan dengan lancar saja. Harusnya pada Desember rencananya selesai," kata Bhre kepada wartawan di Pura Mangkunegaran, Senin (4/10).

Terkait anggaran, dia mengaku kurang paham lantaran tugasnya hanya membantu mengawasi jalannya renovasi. Menurutnya, renovasi sudah dimulai sejak Mei lalu. Renovasi menyasar terutama bangunan-bangunan utama di Pura Mangkunegaran.

"Untuk di area dalam seperti yang bisa dilihat. Ini kita bicara mengenai waktu juga. Menurut saya wajar kalau banyak yang harus diperbaiki. Karena memang bangunan tua," ungkapnya.

Dia menambahkan, selama perbaikan, untuk sementara semua kegiatan di Pura Mangkunegaran ditiadakan. Hal itu juga bersamaan dengan kebijakan pemerintah terkait pembatasan pariwisata.

"Jadi ya kami menggunakan ini untuk tetap produktif dengan membenahi apa yang bisa kami benahi," kata dia.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement