Senin 04 Oct 2021 15:45 WIB

Prinsip Ekonomi Syariah Sejalan dengan Konsep Pembangunan

Prinsip Ekonomi Syariah Sejalan dengan Konsep Pembangunan Berkelanjutan.

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Muhammad Hafil
Ekonomi syariah (ilustrasi)
Foto: Islamitijara.com
Ekonomi syariah (ilustrasi)

IHRAM.CO.ID,JAKARTA-- Wakil Presiden Ma'ruf Amin meyakini ekonomi dan keuangan syariah dapat menjadi satu solusi atas berbagai permasalahan mulai dari masalah perdamaian, harmoni sosial, ketimpangan pertumbuhan ekonomi dan merosotnya kualitas lingkungan hidup. Menurut Wapres, ini karena prinsip ekonomi dan keuangan syariah sejalan dengan konsep pembangunan berkelanjutan yang dibutuhkan saat ini.

"Prinsip ekonomi dan keuangan syariah yang sejalan dengan konsep pembangunan berkelanjutan dapat memberikan kontribusi bagi dunia dalam rangka mencari solusi atas berbagai permasalahan yang dialami oleh negara-negara di dunia saat ini," ujar Wapres di acara International Conference on Islamic Studies (ICIS) Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh, Senin (4/10).

Baca Juga

Wapres menjelaskan, konsep pembangunan berkelanjutan adalah konsep yang ditawarkan sebagai solusi atas kerusakan lingkungan yang disebabkan oleh aktivitas manusia, termasuk aktivitas di bidang ekonomi yang tidak memperhatikan kepentingan lingkungan hidup. Dengan menerapkan konsep pembangunan berkelanjutan itu, pembangunan dilaksanakan dengan menjaga keseimbangan antara kepentingan ekonomi, sosial dan kelestarian ekosistem pendukungnya.

Wapres pun berharap konsep pembangunan berkelanjutan dapat mewujudkan kesejahteraan bagi masyarakat dari satu generasi ke generasi selanjutnya, sebagaimana ajaran Islam.

Ia menambahkan, prinsip-prinsip keberlanjutan ini juga menjadi dasar dalam ekonomi dan keuangan syariah untuk mencapai kesejahteraan dan keadilan masyarakat melalui berbagai bentuk aktivitas ekonomi dan sosial berdasarkan tuntunan agama Islam.

"Dengan melaksanakan perintah agama tersebut, diharapkan tercapai kesejahteraan, keadilan dan pembangunan yang merata, berkurangnya ketimpangan sosial dan ekonomi, serta terjaganya daya dukung dan kelestarian lingkungan alam kita," ujar Wapres.

Karena itu, Wapres berharap umat Islam dapat berperan dan berkontribusi menerapkan pembangunan berkelanjutan dengan turut memperkuat pengembangan ekonomi dan keuangan syariah. Ia juga meminta umat Islam mengamalkan secara konsisten tuntunan agama dalam bermuamalah.

Apalagi, umat islam sebagai bagian dari ekosistem pembangunan ekonomi global. Ia juga berharpa acara International Conference On Islamic Studies (ICIS), dengan tema “Islam And Sustainable Development” akan memberikan solusi bangsa Indonesia dalam membangun ekonomi yang berkelanjutan seiring dengan percepatan pengembangan ekonomi dan keuangan Syariah yang sedang didorong oleh Pemerintah saat ini.

"Saya harapkan pula berbagai hasil kajian dan diskusi dalam forum ini juga dapat memberikan masukan-masukan bagi penguatan ekonomi dan keuangan syariah dalam kerangka perencanaan pembangunan berkelanjutan baik nasional maupun global," kata Wapres.

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement