Senin 04 Oct 2021 15:37 WIB

4 Cara Merawat Wajah Segar di Rumah

Bila punya banyak waktu, perawatan wajah lebih bagus dilakukan dari rumah.

Rep: Haura Hafizah/ Red: Nora Azizah
Bila punya banyak waktu, perawatan wajah lebih bagus dilakukan dari rumah.
Foto: Piqsels
Bila punya banyak waktu, perawatan wajah lebih bagus dilakukan dari rumah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Merawat wajah bisa dilakukan di mana saja, termasuk di rumah. Terkadang, perawatan yang dilakukan di rumah membuat wajah lebih bagus dan segar.

Itu sebabnya, apabila memiliki banyak waktu luang, sangat disarankan untuk melakukan perawatan wajah di rumah. Dilansir dari GQIndia, pada Senin (4/10), ada lima cara yang bisa diterapkan untuk merawat wajah di rumah.

Baca Juga

1. Gunakan Es Batu 

Menggunakan es di kulit bisa membuat wajah segar. Isi ember sampai penuh dengan air dingin dan es batu, kemudian tempelkan pada wajah.

Suhu rendah akan meningkatkan sirkulasi, mengencangkan kulit, mengencangkan pori-pori, menghaluskan garis-garis halus dan juga akan mengurangi kemerahan dan peradangan akibat jerawat. Es batu juga bisa membuat wajah segar seketika, bercahaya, dan akan membantu mengencangkan jaringan kulit.

 

2. Pijat Wajah 

Manfaat memijat wajah dan leher bermacam-macam, mulai dari membantu dalam relaksasi. Apabila dilakukan secara teratur juga dapat membantu membentuk rahang dan tulang pipi, dan mencerahkan wajah.

Stimulasi otot wajah meningkatkan sirkulasi darah, meningkatkan produksi kolagen dan merangsang sistem limfatik Anda. Secara sederhana, hal ini menghasilkan kulit yang cerah dan tampak lebih muda.  

Anda dapat menggunakan jari atau menggunakan roller untuk memijat wajah. Untuk memfasilitasi gerakan yang lebih baik, oleskan beberapa tetes minyak wajah atau serum.

 

3. Harus Sering Mengganti Sarung Bantal

Ini adalah faktor umum yang memperburuk jerawat. Kotoran dan bakteri pada linen yang tidak dicuci dapat menyebabkan jerawat serta kemarahan. Gesekan antara kulit dan linen juga dapat memperburuk peradangan kulit. 

Solusinya adalah mencuci sarung bantal setiap pekan. Kedua, gunakan deterjen non-bio yang lembut dan bebas pewangi yang tidak akan mengiritasi kulit.

 

4. Olahraga

Sesekali, perlu rasakan darah mengalir deras ke wajah.  Namun, tidak perlu melakukan headstand atau yoga. Cukup lakukan peregangan ringan. Gerakan ini akan meningkatkan sirkulasi darah dan alirannya ke wajah dan otak.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement