Senin 04 Oct 2021 14:21 WIB

Kontes Miss Queen Indonesia, Ini Kata DMI 

Dari kebiasaan dan kebablasan tersebut seseorang merasa menjadi nyaman. 

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Agus Yulianto
Sekretaris Jenderal DMI KH Imam Addaruquthni.
Foto: DMI
Sekretaris Jenderal DMI KH Imam Addaruquthni.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Sekretaris Jenderal (Sekjen) Dewan Masjid Indonesia (DMI) Imam Addaruquthni menanggapi terkait acara Miss Queen Indonesia yang merupakan ajang untuk para transgender. Menurutnya, kelompok transgender tersebut bisa terbentuk dan membuat kontes kecantikan karena berawal dari kasus mata rantai kesalahan.

"Saya sendiri masih cenderung lebih percaya pada teori pendidikan. Singkatnya, seseorang bisa dilatih untuk dia seperti apa. Saya yakin ada mata rantai kesalahan ketika seorang bergaya seperti lawan jenisnya, mungkin sebab lingkungannya, mungkin orang tua atau keluarga membiarkannya atau malah menganggapnya sebagai sesuatu yang pada mulanya lucu dan terus kebablasan," katanya saat dihubungi Republika, Senin (4/10).

Dikatakannya, dari kebiasaan dan kebablasan tersebut seseorang merasa menjadi nyaman bahkan kemudian tanpa disasari endapan cita-rasa identifikasi gendernya menjadi sebaliknya, seperti itu.

"Dan itu yang saya katakan sebagai kasus mata rantai kesalahan. Nabi Muhammad yang suci wanti-wanti mengingatkan atau melarang kaumnya agar tidak coba-coba bertingah secara transgender, laki-laki bertingkah berperilaku seperti perempuan dan yang sebaliknya, perempuan bertingkah bergaya seperti perempuan," kata dia.

Dia mengatakan, kalangan ulama sepakat (ittifaq), jika Nabi melarang siapapun bergaya transgender, maka mengharamkan usaha mengubah/ganti kelamin (transgender) baik terhadap dokter ahli yang melakukan operasi penggantian kelamin maupun orang yang berusaha berganti kelamin.

"Hukum turunnya pastilah mengharamkan kontes kecantikan kelompok transgender. Karena itu, bahkan sampai pada tingkat kontroversi atau pro-kontra ilmiah tentang kasus transgender," kata dia.

Sebelumnya diketahui, Keponakan Ashanty, Millen Cyrus berhasil menjadi juara satu Miss Queen Indonesia 2021. Ajang tersebut merupakan kontes untuk para transgender.

Detik-detik Millen Cyrus sebagai juara Miss Queen Indonesia 2021 hadir di laman resmi kontes. Sepupu Aurel Hermansyah itu sempat terlihat tegang jelang pengumuman.

"The winner is...," kata host di acara Miss Queen Indonesia 2021, Kamis (30/9).

Terdengar suara lantang dari penonton berteriak nama rival Millen Cyrus, Catalya Grande. Namun, sosok yang kemudian dibacakan MC adalah pria bernama asli Muhammad Millendaru Prakasa.

"Satu dua tiga, Millen Cyrus!" ujar si host melanjutkan pengumuman.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement