Senin 04 Oct 2021 14:12 WIB

New England Alami Lonjakan Covid-19 Walau Vaksinasi Tinggi

Wilayah New England di AS sedang menghadapi lonjakan kasus Covid-19

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Christiyaningsih
Wilayah New England di AS sedang menghadapi lonjakan kasus Covid-19 walau tingkat vaksinasi tinggi. Ilustrasi.
Foto: AP/Mark Lennihan
Wilayah New England di AS sedang menghadapi lonjakan kasus Covid-19 walau tingkat vaksinasi tinggi. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, VERMONT -- Meskipun memiliki tingkat vaksinasi tertinggi di Amerika Serikat (AS), ada pengingat konstan untuk sebagian besar negara bagian New England tentang betapa ganasnya virus Covid-19 varian delta. Rumah sakit di seluruh wilayah melihat unit perawatan intensif penuh dan kekurangan staf mulai memengaruhi perawatan.

"Saya pikir ini jelas membuat kami semua frustrasi. Kami ingin anak-anak aman di sekolah, kami ingin orang tua tidak perlu khawatir tentang pendidikan dan kesehatan anak mereka," kata Komisaris Departemen Peraturan Keuangan Vermont, Michael Pieciak, dikutip dari Associated Press (AP) pada Senin (4/10).

Baca Juga

Ia menuturkan meski beberapa bagian New England mengalami rekor jumlah kasus, rawat inap dan kematian yang menyaingi puncak pra-vaksinasi, wilayah tersebut belum melihat dampak gelombang varian delta yang ditimbulkan di bagian lain negara itu.

Menurut statistik dari Associated Press, lima negara bagian dengan persentase tertinggi dari populasi yang divaksinasi lengkap semuanya berada di New England dengan Vermont memimpin, diikuti oleh Connecticut, Maine, Rhode Island, dan Massachusetts. New Hampshire berada di urutan ke-10. Tingkat vaksinasi penuh di enam negara bagian New England berkisar dari 69,4 persen di Vermont hingga 61,5 persen di New Hampshire.

Terlepas dari tingkat vaksinasi tinggi di AS yang secara keseluruhan rata-rata 55,5 persen, masih ada ratusan ribu orang di seluruh wilayah yang karena satu dan lain alasan tetap tidak divaksinasi dan rentan terhadap infeksi.

"Apa yang telah kami pelajari dengan delta dan melihat melampaui delta, adalah karena di situlah fokus kami juga, untuk benar-benar mencapai tingkat vaksinasi tersebut, untuk memberi Anda perlindungan tingkat populasi yang sebenarnya, Anda harus melebihi 90 persen," kata Pieciak.

Pejabat di seluruh New England terus mendorong yang tidak divaksinasi untuk mendapatkan suntikan serta mendukung mandat vaksin. Gubernur Vermont dari Partai Republik, Phil Scott, mendapat pujian yang hampir universal untuk penanganan awal pandemi ketika sikapnya yang tenang dan ketergantungan pada sains membuat negaranya berada di antara yang paling aman.

Namun baru-baru ini, dia menghadapi kritik dari beberapa orang, termasuk para pemimpin Demokrat dari Badan Legislatif negara bagian dan lebih dari 90 karyawan Departemen Kesehatan Vermont. Para pengkritik pada Agustus menandatangani surat yang mendesaknya berbuat lebih banyak untuk memerangi gelombang delta.

Scott mencabut keadaan darurat Vermont pada Juni ketika negara bagian itu menjadi yang pertama melihat 80 persen dari populasinya yang memenuhi syarat mendapatkan setidaknya vaksinasi pertama.

Ia sekarang merekomendasikan sekolah memerlukan masker dan mendesak orang untuk memakai masker di lokasi dalam ruangan yang ramai. Akan tetapi dia tidak akan menerapkan kembali langkah-langkah mitigasi yang diperlukan yang ada selama keadaan darurat. “Kami tidak bisa berada dalam keadaan darurat terus-menerus,” kata Scott.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement