Senin 04 Oct 2021 16:11 WIB

8 Hal yang Berubah dari Windows 10 ke Windows 11

Windows 11 akan tersedia sebagai peningkatan gratis mulai 5 Oktober.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
Tampilan menu Start di Windows 11 digeser ke kiri.
Foto: the verge
Tampilan menu Start di Windows 11 digeser ke kiri.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Windows 11 akan tersedia sebagai peningkatan gratis mulai 5 Oktober. Sebelum menginstal OS baru, berikut ini adalah perbedaan dari Windows 10 ke Windows 11.

Pertama, Desain dan antarmuka. Windows 11 menghadirkan antarmuka baru yang lebih mirip Mac. Windows 11 menampilkan desain yang bersih dengan sudut membulat dan warna pastel.

Baca Juga

Menu Start yang ikonik juga berpindah ke tengah layar bersama Taskbar. Namun, pengguna dapat memindahkannya kembali ke kiri, seperti di Windows 10, jika mereka mau.

Kedua, Integrasi aplikasi Android. Aplikasi Android akan datang ke Windows 11 (meskipun tidak segera) di Microsoft Store, melalui Amazon Appstore. Ini adalah sesuatu yang telah ditunggu-tunggu oleh pengguna Windows selama bertahun-tahun, dan menandai langkah lain menuju penggabungan perangkat mobile dan laptop.

Ketiga, dukungan desktop virtual yang lebih baik. Windows 11 akan memungkinkan pengguna mengatur desktop virtual dengan cara yang lebih mirip dengan Mac, beralih di antara beberapa desktop sekaligus untuk penggunaan pribadi, kantor, sekolah atau gim. Di Windows 10, ini lebih sulit diatur dan digunakan.

Keempat, transisi yang lebih mudah dari monitor ke laptop. Dilansir dari CNET, Senin (4/10), OS baru mencakup fitur yang disebut Snap Group dan Snap Layouts- kumpulan aplikasi yang Anda gunakan sekaligus yang berada di taskbar dan dapat muncul atau diminimalkan pada saat yang sama untuk peralihan tugas yang lebih mudah.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement