Tuesday, 6 Zulhijjah 1443 / 05 July 2022

Topan Shaheen Buat Warga di Muskat Mengungsi

Senin 04 Oct 2021 07:12 WIB

Rep: Antara/ Red: Christiyaningsih

Mobil tenggelam di jalanan yang banjir akibat hujan lebat dan topan Shaheen yang melanda Muskat, Oman pada Ahad (3/10).

Mobil tenggelam di jalanan yang banjir akibat hujan lebat dan topan Shaheen yang melanda Muskat, Oman pada Ahad (3/10).

Foto: EPA/Hamid Alqasimi
Pihak berwenang mendesak penduduk mengungsi dari daerah pesisir akibat adanya topan

REPUBLIKA.CO.ID, MUSKAT- Pusat angin topan tropis Shaheen menghantam daratan di Oman pada Ahad (3/10) setelah menewaskan sedikitnya tiga orang. Pihak berwenang mendesak penduduk untuk mengungsi dari daerah pesisir. Bagian dari dinding mata badai itu, di mana cuaca paling parah terjadi, telah memasuki Provinsi Selatan Al Batinah, kata kantor berita negara.

Komite Darurat Nasional Oman mengatakan pasokan listrik akan diputus di Al-Qurm, yang terletak di timur ibu kota Muskat, untuk menghindari kecelakaan. Lebih dari 2.700 orang dipindahkan ke tempat-tempat penampungan darurat.

Baca Juga

Sebagian besar dari lima juta penduduk Oman tinggal di dan sekitar ibu kota Muskat. Jalan-jalan di ibu kota hanya akan dibuka untuk kendaraan yang dalam perjalanan darurat dan distribusi bantuan kemanusiaan sampai badai mereda, kata pihak berwenang.

Penerbangan ke dan dari ibu kota Oman, Muskat, juga tertunda akibat topan Shaheen. Seorang anak yang terbawa air ditemukan tewas dan satu orang lainnya hilang, menurut laporan kantor berita negara Oman.

Selain itu, dua pekerja Asia tewas ketika sebuah bukit runtuh di daerah perumahan mereka di zona industri akibat topan itu. Demikian dilaporkan oleh kantor berita negara Oman.

Di Uni Emirat Arab, pihak berwenang mengatakan berbagai tindakan pencegahan sedang dilaksanakan. Para petugas polisi bergerak untuk memastikan keamanan dengan melakukan patroli keamanan di dekat pantai dan lembah yang diperkirakan akan diguyur hujan lebat.

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA