Ahad 03 Oct 2021 23:38 WIB

Wali Kota Sukabumi Gencar Promo UMKM Lewat Medsos

Wali Kota Sukabumi telah beberapa kali gunakan medsos pribadi untuk promo UMKM

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi melakukan sosialisasi lewat media daring.
Foto: Republika/Riga Nurul Iman
Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi melakukan sosialisasi lewat media daring.

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Beragam cara dilakukan untuk membangkitkan sektor ekonomi khususnya usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Salah satunya dengan mendorong promosi produk UMKM melalui media sosial (medsos) milik Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi.

Di mana promosi produk UMKM ini akan dilakukan setiap akhir pekan. Pada Sabtu (2/10) di akun wali Kota Sukabumi terpampang produk kuliner ayam dari berbagai pelaku usaha dan sebuah toko makanan hewan peliharaan Happy Pets.

"Promosi produk UMKM ini jadi salah satu cara membangkitkan usaha di masa pandemi," ujar Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi, Ahad (3/10). Sebab pandemi Covid-19 berdampak ke segala sektor, salah satunya ekonomi.

Hal ini dirasakan secara signifikan oleh para pelaku UMKM yang mengalami krisis ekonomi. Di mana kata Fahmi, menurunnya daya beli masyarakat akibat pandemi Covid-19 juga sangat berpengaruh terhadap keberlangsungan usaha UMKM.

Sehingga diharapkan pemulihan ekonomi nasional harus dimulai dari upaya pemulihan terhadap sektor UMKM. Selama ini UMKM memiliki peranan penting terhadap perekonomian Indonesia terutama ketika terjadi krisis.

Pemerintah pun ungkap Fahmi, telah menyadari untuk memulihkan UMKM melalui berbagai program dan bekerja sama menjadikan UMKM sebagai tulang punggung perekonomian nasional."Sehingga saya memberikan peluang bagi para pelaku UMKM di Kota Sukabumi yang mempunyai usaha, dan ingin di promosikan di IG/FB pribadi," kata Fahmi.

Harapannya promosi ini bisa mewarnai di saat pandemi. Selain itu kata Fahmi, bisa juga menjadi pengingat dan penyemangat bahwa penjual dan pedagang dipertemukan oleh promosi dan relasi. Targetnya produk UMKM asal Kota Sukabumi makin berkembang di tengah pandemi.

Sebelumnya, pada Juni 2020 lalu wali kota juga melakukan hal serupa untuk mempromosikan produk UMKM. Hasilnya ratusan pelaku UMKM yang mendaftar dan sebagian diantaranya telah ditampilkan di akun Instagram Wali Kota Sukabumi.

Hal ini kata Fahmi, sebagai bentuk nyata memberikan dukungan kepada UMKM untuk bangkit di tengah pandemi Covid-19 ini. Tunjukkan produk UMKM dari Kota Sukabumi berkualitas dan mampu bangkit di tengah masa sulit.

Fahmi berharap, semoga dengan cara dan ikhtiar ini pulihkan Sukabumi bisa segera terwujud. Kondisi ini bisa terwujud dengan adanya kebersamaan dari semua pihak termasuk sektor UMKM yang terus bergerak di tengah masa sulit pandemi Covid-19.

Kepala Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perindustrian, dan Perdagangan Kota Sukabumi Ayi Jamiat menambahkan, promosi serupa juga dilakukan di medsos milik dinasnya. Sehingga berbagai promosi UMKM ini akan membangkitkan ekonomi di Kota Sukabumi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement