Friday, 28 Rabiul Akhir 1443 / 03 December 2021

Friday, 28 Rabiul Akhir 1443 / 03 December 2021

OPZ Hadir untuk Kemaslahatan Bangsa dan Umat

Senin 04 Oct 2021 01:50 WIB

Rep: Dea Alvi Soraya/ Red: Agung Sasongko

Ilustrasi Zakat. Republika/Thoudy Badai

Ilustrasi Zakat. Republika/Thoudy Badai

Foto: Republika/Thoudy Badai
OPZ harus saling mengenal potensi masing-masing.

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Organisasi Pengelola Zakat (OPZ) diharapkan hadir untuk berjuang menyelamatkan umat dan menghadirkan kemaslahatan bagi bangsa dan umat. Hal itu disampaikan Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat (DPP) Hidayatullah, KH Dr Nashirul Haq, dalam acara Puncak Milad Foz 24 bertajuk "Diseminasi Kolaborasi Penanganan Covid-19 OPZ Anggota Forum Zakat" secara virtual, Sabtu (2/10).

Nashirul mengingatkan, semua harus mengedepankan kepentingan besar di atas kepentingan pribadi dan golongan. Juga harus menghindari ego sektoral sehingga apapun yang menjadi agenda besar dan kepentingan besar untuk bangsa dan umat ini harus dinomorsatukan.

Baca Juga

Nashirul mengatakan, dalam kolaborasi di antara OPZ harus saling mengenal potensi masing-masing. Dengan demikian, setiap OPZ bisa mengambil peran sesuai potensi dan kekhususan masing-masing sehingga akan terwujud tafahum atau saling memahami.

Sebab, dia menjelaskan, dalam kerja sama, kolaborasi maupun sinergi itu selalu ada gangguan-gangguan. Untuk mengatasinya diperlukan sikap saling memahami. Segala kekurangan yang ada dalam masing-masing OPZ, menurutnya, hendaknya mendapat permakluman.

"Dengan demikian akan tercipta ta'awun (saling tolong-menolong), dan inilah yang membuat kita kuat, besar, dan kokoh. Kalau kita merajut potensi masing-masing OPZ, maka tantangan besar bisa kita hadapi," tutur dia.

 

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA