Ahad 03 Oct 2021 22:05 WIB

Bandara Mopah Merauke akan Terus Dikembangkan

Terminal penumpang di Bandara Mopah melayani hingga 638.850 penumpang per tahun.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Ratna Puspita
Presiden Resmikan Terminal Baru Bandara Mopah Merauke
Foto: Dok Republika
Presiden Resmikan Terminal Baru Bandara Mopah Merauke

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memastikan akan terus mengembangkan Bandara Mopah, Merauke, Papua menjadi lebih besar.  Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi sudah meresmikan terminal baru bandara tersebut, Ahad (3/10) hari ini.

"Karena bandara ini bukan sekedar berkaitan dengan penumpang tetapi juga logistik, dari Merauke ke daerah-daerah lain yang berada di puncak-puncak dan Kabupaten sekitarnya,” kata Budi dalam pernyataan tertulisnya.

Baca Juga

Budi menambahkan, selain Bandara Mopah, Kemenhub juga tengah membangun dan mengembangkan beberapa bandara antara lain. Beberapa bandara tersebut yakni Bandara Ewer di Asmat, Bandara Mozes Kilangin di Timika, Bandara Siboru di Fak-fak, dan Bandara Douw Aturure di Nabire.

"Diharapkan kehadiran bandara-bandara tersebut akan semakin meningkatkan konektivitas di Papua dan sekitarnya,” tutur Budi.

Sementara itu, Jokowi mengharapkan terminal baru di Bandara Mopah dapat meningkatkan kualitas pelayanan terhadap penumpang. Jokowi memastikan akan terus meningkatkan kapasitas bandara yang berada di ujung timur Indonesia tersebut. 

"Pengembngan ini untuk mengantisipasi meningkatnya jumlah penumpang, mobilitas dan aktivitas ekonomi masyarakat," ujar Jokowi. 

Jokowi menilai, bandara tersebut dapat mendorong lahirnya sentra-sentra ekonomi baru di Kabupaten Merauke dan sekitarnya. Selain itu, dapat meningkatkan daya saing daerah dalam ekspor dan investasi sehingga bermanfaat dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Merauke dan Papua. 

Pengembangan terminal penumpang Bandara Mopah dilakukan Kemenhub melalui Ditjen Perhubungan Udara dengan menggunakan alokasi anggaran APBN sekitar Rp 141 Miliar. Pengembangan terminal merupakan pengembangan tahap pertama yang telah diselesaikan dari rencana total tiga tahap pengembangan. 

Saat ini, terminal penumpang di Bandara Mopah memiliki luas 7.200 meter persegi dapat melayani hingga 638.850 penumpang per tahunnya. Bandara tersebut memiliki landasan pacu sepanjang 2.500 meter sehingga mampu didarati pesawat besar seperti tipe Boeing 737-900 dan Airbus A320.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement