Raih Enam Emas, Bali Juara Umum Judo

Red: Muhammad Akbar

Judoka Papua Desi Rahayu (atas) bertarung melawan judoka Jawa Timur Luh Eka Meidiani (bawah) dalam babak perebutan medali perunggu nomor beregu campuran cabang judo PON Papua di Graha Eme Neme Yauware, Timika, Kabupaten Mimika, Ahad (3/10/2021). Papua menang dalam pertandingan itu dan meraih medali perunggu bersama Jawa Barat yang juga menang atas Jawa Tengah dalam babak yang sama.
Judoka Papua Desi Rahayu (atas) bertarung melawan judoka Jawa Timur Luh Eka Meidiani (bawah) dalam babak perebutan medali perunggu nomor beregu campuran cabang judo PON Papua di Graha Eme Neme Yauware, Timika, Kabupaten Mimika, Ahad (3/10/2021). Papua menang dalam pertandingan itu dan meraih medali perunggu bersama Jawa Barat yang juga menang atas Jawa Tengah dalam babak yang sama.
Foto: ANTARA/Aditya Pradana Putra
Pencapaian ini merupakan prestasi membanggakan bagi tim judo Bali

REPUBLIKA.CO.ID, JAYAPURA — Tim judo Bali mengukuhkan posisinya dalam klasemen akhir cabang olahraga judo Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua dengan menjadi juara umum setelah mengumpulkan enam medali emas dan enam perunggu pada hari terakhir pertandingan cabang ini di Kota Timika, Ahad (3/10).

Pencapaian ini merupakan prestasi membanggakan bagi tim judo Bali, mengingat pada PON sebelumnya perolehan medali yang didapat tidak sebanyak di Papua.

"Kami turun di PON Riau 2012 dapat dua emas, di PON Jawa Barat 2016 juga dapat dua. Dari sana kami serius berbenah pada atlet, kepengurusan, manajemen dan kepelatihan. Keseriusan ini kami lakukan sejak 2017," kata manajer tim judo Bali Agus Putra Adnyana dalam konferensi pers.

Menurut Agus, pencapaian pada PON tahun ini sangat memuaskan karena tidak hanya melebihi target lima medali emas, tapi juga mengantongi gelar juara umum dengan bertengger pada posisi puncak klasemen hingga pertandingan judo berakhir.

Prestasi ini diraih bukan tanpa kesulitan, kata Agus. Timnya sempat mengalami kendala berat pada masa pandemi karena keterbatasan waktu dan biaya akibat terdampak pandemi COVID-19.

"Ada sisa waktu dari pelatnas sangat singkat untuk latihan, karena terhalang pandemipada2020. Kami nyaris istirahat satu tahun, kondisi Bali juga terpuruk di ekonomi, itu sangat jadi kendala. Tapi kerja keras atlet dan pelatih terbayarkan hari ini. Meski dengan keterbatasan, kami bisa juara," kata Agus.

Bali mengamankan medali emas keenam dari judo setelah keluar setelah mengalahkan DKI Jakartapada final nomor beregu campuran dengan skor 4-1 dalam pertandingan yang berlangsung di Graha Eme Neme Yauware.

Sementara tuan rumah Papua harus puas dengan medali perak bersama dengan Jawa Barat. Keduanya menduduki peringkat ketiga setelah masing-masing mengalahkan Jawa Timur dan Jawa Tengah pada babak penentuan perunggu.

sumber : antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Komentar

Terkait


Atlet taekwondo DKI Jakarta Ranindya memperagakan gerakan saat bertanding di nomor Poomsae perorangan putri PON Papua di GOR Politeknik Penerbangan Kayu Batu, Kota Jayapura, Papua, Ahad (3/10/2021).

Final Taekwondo Kategori Poomsae Individual Putri PON Papua

Atlet futsal Papua Pieter Masriat berpose dengan medali emasnya usai menang melawan tim futsal Jawa Barat pada final Futsal PON Papua di Gor SP 2 Kabupaten Mimika, Papua, Ahad (3/10/2021). Tim futsal Papua berhasil meraih medali emas setelah mengalahkan tim futsal Jawa Barat dengan skor akhir 4-2.

Ketua DPD Berharap Lahir Bibit Atlet Kelas Dunia di PON

Warga menyaksikan Upacara Pembukaan PON Papua di stadion Lukas Enembe, Kompleks Olahraga Kampung Harapan, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura Papua, Sabtu (2/10). Presiden Republik Indonesia Joko Widodo resmi membuka gelaran PON Papua yang berlangsung hingga 15 Oktober 2021 mendatang. PON Papua mempertandingkan 56 cabang olahraga dengan diikuti sebanyak 6.442 atlet. Republika/Thoudy Badai

Gubernur Jabar Puji Pelaksanaan PON XX Papua

Atlet taekwondo Jawa Barat Aqila Aulia (kanan) melepaskan tendangan ke arah atlet Jawa Tengah Nabila Amalaia (kiri) saat pertandingan final Taekwondo kategori Kyorugi kelas under 57 kg putri PON Papua di GOR Politeknik Penerbangan Kayu Batu, Kota Jayapura, Papua, Minggu (3/10/2021). Atlet taekwondo Jawa Barat Aqila Aulia berhasil meraih medali emas disusul atlet Jawa Tengah mendapat medali perak dan Kalimantan Timur serta Bali medali perunggu.

Atlet Taekwondo Jabar Aqila Aulia Raih Medali Emas

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menyaksikan pertandingan sepakbola PON XX Papua 2021 antara tuan rumah, Papua, melawan Nusa Tenggara Timur (NTT) di Stadion Mandala, Jayapura, Papua, Ahad (3/10).

Saksikan Laga Sepak Bola PON, Erick Thohir: Seru Sekali!

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@rol.republika.co.id (Marketing)

Ikuti

× Image